Pelaksanaan Pendidikan Karakter Melalui Gerakan Pramuka di Era Pandemi Covid 19

Authors

  • Suyahman Suyahman

DOI:

https://doi.org/10.32585/jp.v29i2.803

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pendidikan karakter melalui gerakan pramuka di era pandemic covid19 yang dikaji secara teoritis dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan. Subjek penelitiannya adalah pelaksanaan pendidikan karakter di dalam gerakan pramuka, dan objek penelitiannya adalah Gerakan pramuka. Pengumpulan data dilakukan melalui: analisis buku-buku, laporan penelitian, makalah, artikel, dan skripsi, thesis serta sumber-sumber lainnya yang berkaitan dengan materi yang diteliti. Teknik analisis data dilakukan dengan teknik analisis  interaktif. Aktifitas analisis data model ini antara lain, reduksi data, display data dan gambaran konklusi atau verifikasi. Hasil penelitian: berdasarkan hasil analisis literature dari buku-buku pustaka diantaranya Buku-buku tentang pendidikan karakter, artikel tentang pendidikan karakter, makalah tentang pendidikan karakter, laporan hasil penelitian tentang pendidikan karakter, AD dan ART Gerakan Pramuka, UU nomor 10 tentang Gerakan Pramuka, SKB tentang pelaksanaan bela Negara melalui gerakan pramuka diperoleh informasi bahwa pelaksanaan pendidikan karakter khususnya nilai karakter: religius, kepedulian, tanggung jawab, melalui gerakan pramuka di era pandemic covid 19 dilakukan dengan menggunakan metode: menyanyi lagu-lagu yang bernuansa religius, kepedulian dan nasionalisme yang dilakukan secara online dengan menggunakan aplikasi google classroom, sedangkan untuk nilai karakter: nasionalisme, disiplin dan demokrasi dilakukan dengan menggunakan media video yang di dalamnya memuat nilai-nilai tersebut yang dilakukan secara online dengan aplikasi Whattsap. Kesimpulannya bahwa pelaksanaan pendidikan karakter religius, kepedulian, kemandirian, tanggung jawab, disiplin, nasionalisme, dan demokrasi dalam gerakan pramuka di era pandemic covid 19 dilakukan dengan menggunakan metode menyanyi, serta dengan video yang menceritakan tentang nilai karakter disiplin, mandiri, nasionalisme, dan demokrasi yang dilakukan secara online dengan aplikasi WA dan google class room.

References

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan (2010). Pembinaan Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah Pertama . Jakarta: Kemendiknas.

Gunanjar Ari Agustian. (2006). Rahasia Membangkitkan emosional Spiritual Quetiont Power, Jakarta : Arga.

Hasan, S. Hamid. (2000). Pendekatan Multikultural untuk Penyempurnaan Kurikulum, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Heri Gunawan. (2012). Pendidikan Karakter, (Konsep dan Implementasi), Bandung : Alfabeta.

Joko Mursitho. (2019). Panduan pelaksanaan pendidikan karakter melalui gerakan pramuka, makalah tidak dipublikasikan

Kwartir Nasional Gerakan Pramuka. (2018). AD dan ART Gerakan Pramuka. Jakarta: jalan Merdeka Timur

Kwartir Nasional Gerakan Pramuka. (2010). UU Nomor 10 tahun 2012, Gerakan Pramuka : Jakarta: jalan Merdeka Timur

Majid Abdul. (2010). Pendidikan karakter dalam perspektif Islam, Bandung : Remaja Rosdakarya.

Munir Abdullah. (2010). Pendidikan Karakter, Yogyakarta: Pedagogia.

Trianto. (2009). Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik, Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Virsya Norla. (2011). Panduan Menerapkan Pendidikan karakter Di sekolah, Jakarta:Laksana.

Downloads

Published

2020-08-02

How to Cite

Suyahman, S. (2020). Pelaksanaan Pendidikan Karakter Melalui Gerakan Pramuka di Era Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan, 29(2), 169–176. https://doi.org/10.32585/jp.v29i2.803

Issue

Section

Artikel