Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar PKn Siswa Kelas IXC Semester 1 SMP Negeri 2 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2018/ 2019

Authors

  • Sri Hartatiningsih

DOI:

https://doi.org/10.32585/jp.v29i2.804

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar PKn siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe TPS pada siswa kelas IXC SMP Negeri 2 Sukoharjo semester 1 tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan di kelas IXC SMP Negeri 2 Sukoharjo semester 1 tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumah 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Tahap-tahap analisis data dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan adalah nilai rata-rata tes siswa sekurang-kurangnya 80,0 dan banyak siswa dengan nilai di atas kriteria ketuntasan minimal yaitu 75,0 mencapai ? 90%. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dapat meningkatkan prestasi belajar PKn materi Menampilkan Partisipasi dalam Pembelaan Negara siswa kelas IXC SMP Negeri 2 Sukoharjo. Sebelum tindakan/prasiklus, prestasi belajar siswa yang mencapai KKM 18 siswa atau 56,25%, pada siklus I, 25 siswa atau 78,12% dan pada siklus II, 30 siswa atau 93,75%. Nilai rata-rata kelas sebelum tindakan/prasiklus sebesar 74,56 setelah tindakan siklus I sebesar 77,81 dan setelah tindakan siklus II sebesar 82,88.

References

Arikunto, Suharsimi. (2010). ProsedurPenelitian. Jakarta: RinekaCipta.

-------------------------. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Aunurrahman. (2009). Belajar dan Pembelajaran, Bandung : Alfabeta.

Dimyati dan Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. (2004). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Isjoni. (2007). Cooperative Learning Efektifitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta.

Poerwodarminto. (2003). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Downloads

Published

2020-08-02

How to Cite

Hartatiningsih, S. (2020). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar PKn Siswa Kelas IXC Semester 1 SMP Negeri 2 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2018/ 2019. Jurnal Pendidikan, 29(2), 177–186. https://doi.org/10.32585/jp.v29i2.804

Issue

Section

Artikel