Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pebelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Siswa Kelas IXC SMP Negeri 7 Sukoharjo

Authors

  • Sridadi Sridadi

DOI:

https://doi.org/10.32585/jp.v29i2.805

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada siswa kelas IXC SMP Negeri 7 Sukoharjo tahun pelajaran 2018/ 2019. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas IXC SMP Negeri 7 Sukoharjotahun pelajaran 2018/ 2019  sebanyak 30 siswa sebagai subjek penerima tindakan, sedangkan untuk  subjek pelaku tindakan adalah guru IPA kelas IXC selaku guru, teman sejawat selaku subjek yang melakukan observasi proses pembelajaran, Kepala Sekolah selaku subjek sumber data. Metode pengumpulan data dilakukan melalui teknik tes, observasi dan dokumentasi. Penelitian Tindakan ini dilakukan dalam dua siklus, tiap-tiap siklus terdiri dari: perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IXC SMP Negeri 7 Sukoharjo tahun pelajaran 2018/2019. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil belajar IPA siswa juga mengalami peningkatan yaitu sebelum tindakan sebesar 68,9, pada siklus I sebesar 76,0 dan pada siklus II sebesar 81,8. Selain itu, presentase ketuntasan belajar siswa, yaitu sebelum tindakan sebesar 63,3%, pada siklus I sebesar 73,3% dan pada siklus II sebesar  93,3%.

References

Arikunto, Suharsimi. (2010). ProsedurPenelitian. Jakarta: RinekaCipta.

-------------------------. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arifin Zaenal. (1990). Evaluasi Instruksional Prinsip-Teknik prosedur.Bandung : Remadja Rosdakarya.

Astuti, Siti Irene. (2007). Desentralilsasi Pendidikan dan Ketimpangan Mutu pada tingkat Satuan Pendidikan. Makalah Simposium Nasional 2007, Jakarta 26-27 Juli 2007. Pusat Penelitian Kebijakan dan Inovasi Pendidikan, Balitbang, Depdiknas RI.

Den Brok, P.et.al. (2002) Diagnosin and Improving The Quality of Techers Inter Persolen Behaviar. The Internasional Journal of Educational Management. Vol. 16, No. 4 176 – 184, MBC Up Limited.

Depdiknas. (2003). Indikator Pendidikan di Indonesia. Jakarta:LitBang Depdiknas.

Iskandar, Srini M. (2006). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Dasar-dasar Sains dengan Menggunakan Pembelajaran Berkelompok ( Learning Together) dan Pembelajaran Timbal Balik ( Reciprocal Teaching ). Jurnal Penelitian Kependidikan.

Joyce, B. dan Marsha Weil. (1996). Models of Teaching. Needham Heights: Allyn & Bacon.

Poerwadarminta. (1976).Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.

Slavin,Robert,E. (1995). Cooperatif Learning Research and Practise. Boston : Allyn & Bacon.

Downloads

Published

2020-08-02

How to Cite

Sridadi, S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pebelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Siswa Kelas IXC SMP Negeri 7 Sukoharjo. Jurnal Pendidikan, 29(2), 189–196. https://doi.org/10.32585/jp.v29i2.805

Issue

Section

Artikel