Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar IPA Melalui Metode Eksperimen Pada Peserta Didik Kelas VII H SMP MTA Gemolong Kabupaten Sragen Semester I Tahun Pelajaran 2019/2020

Authors

  • sumargo - sumargo SMP MTA Gemolong

DOI:

https://doi.org/10.32585/jp.v29i3.852

Abstract

Abstrak : Penelitian ini dilakukan kepada peserta didik kelas VII H SMP MTA Gemolong Kabupaten Sragen Semester I Tahun Pelajaran 2019/2020. Adapun metode pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Metode eksperimen memiliki kelebihan memberi kesempatan kepada peserta didik untuk memahami konsep dengan cara melakukan percobaan/ eksperimen sehingga membuat peserta didik aktif dalam pembelajaran. Peserta didik mengalami secara langsung dalam menemukan konsep sehingga dalam pembelajaran ini seakan memberi keleluasaan kepada peserta didik untuk mencari pemahamannya sendiri dengan cara mengumpulkan data, menganalisis data, membangun hipotesis, dan percobaan untuk menarik kesimpulan.  Hasil Penelitian Tindakan Kelas ini yaitu hasil rerata skor keaktifan peserta didik kondisi awal 53.13%, pada siklus I meningkat menjadi 70.00%, pada siklus II meningkat menjadi menjadi 76.25%, sehingga terjadi peningkatan sebesar 6.25%. Sedangkan rerata hasil belajar pada kondisi awal 67.19, pada Siklus I mengalami peningkatan menjadi 72.25, dan pada Siklus II Rerata menjadi 76,41, sehingga terjadi peningkatan rerata sebesar 4.16.

Hasil penelitian menyatakan bahwa penerapan metode eksperimen dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPA pada peserta didik kelas VII H SMP MTA Gemolong Kabupaten Sragen Semester I Tahun Pelajaran 2019/2020.

 

Kata Kunci : Metode Eksperimen, Keaktifan Belajar dan Hasil Belajar.

References

Abimanyu, Soli. dkk. (2008). Strategi Pembelajaran. Jakarta : Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional

Dahar, R. W. (2006). Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Bandung : Erlangga

Giyono. (2020). Penerapan Metode Cooperative Integrated Reading Compasition untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Kelas X-IPS 2 SMA Negeri 1 GemolongTahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Pendidikan. Volume 28 Nomor 2, Juli 2020.

Hamalik, Oemar. (2004).Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara

Hermawan, A.H. dkk. (2007). Belajar dan Pembelajaran SD. Bandung : UPI Press

Jihad, A. dan Abdul Haris. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta : Multi Presindo.

Mayangsari, Dewi. dkk. (2014). Penerapan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI Pokok Bahasan Konduktor dan Isolator SDN Semboro Probolinggo Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Edukasi UNEJ, I (1): 27-31

______________.(2012). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta

Sardiman, A.M. (2011). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Raja Grafindo Persada

Sudjana, Nana. (2005). Hasil dan Proses Belajar Mengajar. Bandung : Remaja Rosdakarya.

____________. (2009). Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sumantri, M dan Permana (1999). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Alfabeta

Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta : Kencana Prenadamedia Group.

Syah, Muhibbin. (2012). Psikologi Belajar. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Warsonodan Hariyanto. (2013). Pembelajaran Aktif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2020-11-30

How to Cite

sumargo, sumargo .-. (2020). Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar IPA Melalui Metode Eksperimen Pada Peserta Didik Kelas VII H SMP MTA Gemolong Kabupaten Sragen Semester I Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Pendidikan, 29(3), 241–252. https://doi.org/10.32585/jp.v29i3.852

Issue

Section

Artikel