PENINGKATAN HASIL PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA 3 SUB TEMA 2 MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA KELAS IV IBNU KHALDUN SD ISLAM AL AZHAR 31 YOGYAKARTA SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Authors

  • Ratih Dewanti SD Islam Al Azhar 31 Yogyakarta
  • Mukti Widayati Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Krisdianto Hadiprayitno Universitas Veteran Bangun Nusantara

Keywords:

pembelajaran berbasis masalah, pembelajaran tematik

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan karena persoalan hasil belajar di kelas IV Ibnu Khaldun SD Islam Al Azhar 31 Yogyakarta mengalami permasalahan. Hal itu berdasarkan hasil evaluasi siswa diperoleh nilai rata-rata ulangan harian siswa yang hanya 78, sedangkan KKM yang ditentukan sekolah adalah 82 untuk setiap muatan pembelajaran. Penyebab masalah diperkirakan adalah penggunaan metode yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran kurang menarik sehingga satu solusi yang dipilih adalah dengan penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning.  PTK ini dilaksanakan dalam tiga siklus dan indikator pencapaian dapat dicapai pada siklus ketiga. PTK ini dapat menyimpulkan bahwa hasil belajar Tematik siswa kelas IV Ibnu Khaldun SD Islam Al Azhar 31 Yogyakarta semester I daftar nilai rata-rata kelas  78 sebelum menggunakan model pembelajaran Problem Based learning, siswa yang memenuhi KKM hanya 46%.

Published

2021-03-19

Issue

Section

Artikel