UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA TEMA 5 PAHLAWANKU SUBTEMA 1 JASA PARA PAHLAWAN KELAS IV SEMESTER 1 SD NEGERI CABEAN TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Authors

  • Tantriana Susilowati SDN Cabean Kapanewon Lendah, Kulon Progo
  • Sri Muryati Universitas Veteran Bangun Nusantara

Keywords:

pembelajaran berbasis masalah, pembelajaran tematik

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar dan pengembangaan model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) siswa kelas IV Semester 1 Tema 5 Pahlawanku Subtema 1 Jasa Para Pahlawan 2 di SD Negeri Cabean. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Cabean Tahun 2020/2021 yang berjumlah 18 siswa dengan rincian 7 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. penggunaan model Problem based learning pada siswa kelas IV SD Negeri Cabean Kapanewon Lendah Kabupaten Kulon Progo pada semester 1 Tahun Pelajaran 2020/2021 dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan data sebagai berikut. Pada siklus kesatu rata- rata hasil belajar siswa adalah 80 sedangkan pada siklus kedua rata- rata hasil belajar siswa adalah 87 berarti mengalami kenaikan sekitar 7 poin. Saran untuk pelaksanaan PBL agar dapat dikombinasikan dengan metode atau strategi lainnya agar pembelajaran lebih mudah dipahami siswa dan menyenangkan bagi siswa.

Downloads

Published

2021-03-19

Issue

Section

Artikel