REPRESENTASI GAYA HIDUP HEDONISME PADA TOKOH UTAMA DALAM FILM KOALA KUMAL KARYA RADITYA DIKA

Authors

  • Firdaus Achmad Ghandi Universitas Negeri Malang
  • Yohan Fikri Mu’tashim Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.32585/kawruh.v2i1.654

Abstract

Salah satu dampak modernisasi adalah perubahan pola pikir manusia terhadap pemenuhan kebutuhan, sehingga lahirlah perilaku konsumtif sebagai akibat pengaruh gaya hidup hedonisme yang telah menjangkit semua lapisan masyarakat, tak terkecuali anak muda. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap gaya hidup hedonisme pada tokoh utama film Koala Kumal karya Raditya Dika. Adapun perihal yang diungkap dalam  penelitian ini  meliputi profil gaya hidup hedonisme dan faktor yang melatarbelakanginya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian  deskriptif dengan metode kualitiatif. Teknik pengumpulan data menggunakan studi dokumen dengan instrumen peneliti sendiri (human instrument).  Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis data yang dikembangkan oleh Miles & Huberman. Uji keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber data.  Hasil penelitian menunjukkan profil gaya hidup hedonisme pada tokoh utama film Koala Kumal meliputi perilaku konsumtif  dan relativitas kepuasan yang tinggi. Keduanya dilatarbelakangi oleh faktor internal berupa kepribadian dan pola asuh, dan faktor eksternal berupa kelas sosial.

 

Kata-kata Kunci: Gaya Hidup Hedonisme, Tokoh Utama, Film  Koala Kumal.

References

Anggraini, R. T., & Santhoso, F. H. (2017). Hubungan antara Gaya Hidup Hedonis dengan Perilaku Konsumtif pada Remaja. Gadjah Mada Journal of Psychology (GamaJoP), 3(3), 131–140.

Khairat, M., Yusri, N. A., & Yuliana, S. (2018). Hubungan Gaya Hidup Hedonis dengan Perilaku Konsumtif pada Mahasiswi. Al-Qalb: Jurnal Psikologi Islam, 9(2), 130–139.

Nadzir,Misbahun. (2015). Psychological Meaning of money dengan Gaya Hidup Hedonis Remaja Di Kota Malang. Disajikan dalam Psikologi Forum UMM Press, ISBN: 978-979-796-324-8 582.

Nurvitria, A. L. (2015). Pengaruh Gaya Hidup Hedonis terhadap Perilaku Pembelian Impulsif pada Mahasiswa Jurusan Ppb 2013 Fip Uny. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 4(11), 1–12.

Sari, N. (2017). Hubungan antara Gaya Hidup Hedonis dan Perilaku Konsumtif dengan Perilaku Melanggar Peraturan Etika Berbusana Mahasiswa Pendidikan IPS FIS UNY. Sosial Studies, 6(5), 534–546.

Sumarno, Marcelli. (1996). Dasar-dasar Apresiasi Film. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana.

Vacliuca, Q., & Yasir, Y. (2016). Representasi gaya hidup mahasiswa dalam novel good memories karya Lia Indra Andriana. JOM FISIP, 3(2).

Published

2020-04-30

How to Cite

Ghandi, F. A., & Mu’tashim, Y. F. (2020). REPRESENTASI GAYA HIDUP HEDONISME PADA TOKOH UTAMA DALAM FILM KOALA KUMAL KARYA RADITYA DIKA. Kawruh: Journal of Language Education, Literature and Local Culture, 2(1). https://doi.org/10.32585/kawruh.v2i1.654

Issue

Section

Artikel