PEMBELAJARAN DARING SMK VETERAN 1 SUKOHARJO DI ERA COVID 19

Authors

  • Bima Adi Hatmoko Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Dessy Tika Rahmadhani Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Bekti Sumarni SMK Veteran 1 Sukoharjo
  • Fauzi Rachman Universitas Veteran Bangun Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.32585/.v2i2.1155

Abstract

Progam Pengalaman Lapangan ( PPL ) di FKIP dilakukan setiap tahun dan menjadi kurikulum wajib bagi mahasiswa FKIP. Progam pengalaman lapangan (PPL)  pada tahun ini dilakukan secara serentak untuk progam studi PGSD dan Non PGSD. Akan tetapi untuk progam Pengalaman Lapangan pada tahun ini berbeda dengan tahun tahun sebelumnya karena pada tahun ini progam pengalaman lapangan ( PPL ) dilaksanakan ketika pandemi Covid-19. Covid -19 merupakan wabah penyakit yang pertama kali ditemukan dari Tiongkok,penyakit tersebut menyebar sangat cepat di seluruh penjuru dunia. Covid-19 menyabar ke Indonesia pada awal Maret 2020,penyebaran virus covid-19 menghambat beberapa faktor salah satunya pada bidang pendidikan. Ketika virus covid-19 masuk ke Indonesia pembelajaran yang biasanya di lakukan secara bertatap muka dengan pengajar dan dilaksanakan di sekolah diubah menjadi pembelajaran jarak jauh ( PJJ ) atau pembelajaran daring. Pada proses Progam Pengalaman Lapangan ( PPL ) yang dilaksanakan secara dua bulan di SMK Veteran 1 Sukoharjo sudah berjalan efektif dengan memanfaatkan aplikasi atau LMS GoogleClassroom dan Googlemeet. Kendala dalam proses pembelajaran daring atau PJJ yaitu masalah koneksi Internet siswa yang kurang mendukung pada setiap tempat tinggal wilayah siswa tersebut.

 

Kata kunci : Progam Pengalaman Lapangan ( PPL ), Covid 19 ,Pembelajaran daring

References

Kementerian Kesehatan. (2020). Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease (COVID-19)

Nur, A. M. (2011). Tugas Guru sebagai Pengembang Kurikulum. JURNAL ILMIAH DIDAKTIKA: Media Ilmiah Pendidikan dan Pengajaran, 12(1), 59-67.

Syaharuddin, S. (2020). Menimbang Peran Teknologi dan Guru dalam Pembelajaran di Era COVID-19. Menimbang Peran Teknologi dan Guru dalam Pembelajaran di Era COVID-19.

Syaharuddin, S. (2020). Pembelajaran Masa Pandemi: Dari Konvensional Ke Daring. Pembelajaran Masa Pandemi: Dari Konvensional Ke Daring.

Syaharuddin, S., & Mutiani, M. (2020). Strategi Pembelajaran IPS: Konsep dan Aplikasi.

Subiyakto, B., & Abbas, E. W. (2020). Strategi Pembelajaran IPS: Konsep dan Aplikasi.

Downloads

Published

2020-12-30

Issue

Section

Artikel