Pengajaran Sejarah Lokal di Kelas: Internalisasi Nilai Kepemimpinan Pangeran Cakrabuana dari Kesultanan Cirebon
DOI:
https://doi.org/10.32585/keraton.v5i1.4217Keywords:
Sejarah Lokal, Pengajaran Sejarah, Kepemimpinan, Pangeran CakrabuanaAbstract
Kajian ini ditulis dengan tujuan untuk menjelaskan bagaimana posisi sejarah lokal dalam sejarah Nasional menurut beberapa perspektif atau pendapat para ahli dalam sejarah maupun pendidikan sejarah. Pada tulisan ini, penulis juga akan mendeskripsikan bagaimana penerapan sejarah lokal dalam pembelajaran sejarah di kelas, dengan mengambil contoh suatu kisah kepemimpinan tokoh terkenal dari daerah Cirebon yaitu Pangeran Cakrabuana atau sering disebut Pangeran Walangsungsang yang diambil dari sumber buku karya Besta Basuki Kertawibawa. Dengan ditulisnya makalah ini, diharapkan pembaca khususnya generasi muda kota Cirebon dapat mengenal sosok Cakrabuana sebagai sosok yang memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi karena kehidupan individual suatu sosok dalam sejarah dapat menjadi hal yang penting dan diperlukan dalam membangun berbagai nilai positif pada diri peserta didik khususnya. Lebih dari pada itu, besar harapan penulis agar pembaca dan masyarakat luas dapat memahami kelokalan masing-masing daerah agar masyarakat memiliki “sense of belonging” terhadap sejarah dan budaya lokalnya.Downloads
References
Collingwood, R. G. (1973). The Idea Of History. London: Oxfor University Press.
Haryono. (2017). Sejarah Lokal: Mengenal Yang Dekat, Memperluas Wawasan. Sejarah dan Budaya, Vol 11(2). P. 160-166
Hook, S. (1943). The Hero in History. Boston: The Beacon Press.
Kertawibawa, B. B. (2007). Pangeran Cakrabuana Sang Perintis Kerajaan Cirebon. Kiblat.
Mulyana, A dan Gunawan, R. (2007). Lingkungan Terdekat: Sumber Belajar Sejarah Lokal. Dalam Sejarah Lokal: Penulisan dan Pembelajaran di Sekolah. Bandung: Salamina Press.
Priyadi, S. (2012). Sejarah Lokal: Konsep, Metode, dan Tantangannya. Yogyakarta: Ombak.
Soedjatmoko. (1976). Kesadaran Sejarah dan Pembangunan. Jakarta: LP3ES
Soedjatmoko. 1984. Etika Pembebasan. Jakarta: LP3ES
Widja, I.G. (1989). Sejarah Lokal Suatu Perspektif dalam Pengajaran Sejarah. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
Wiriaatmadja, R. (2017). Pendidikan Nilai dalam Pembelajaran Sejarah. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Keraton: Journal of History Education and Culture agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.