MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH (PEMINATAN)
DOI:
https://doi.org/10.32585/keraton.v1i2.521Abstract
Tujuan penelitian adalah meningkatkan Motivasi belajar peserta didik dan prestasi belajar Sejarah (Peminatan) menggunakan Model Pembelajaran Problem Based learning (PBL) kelas XI IPS1 SMA Negeri 1 Polokarto semester Gasal tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian dilaksanakan selama 4 bulan dimulai Agustus 2019 sampai November 2019, di kelas XI IPS1 SMA Negeri 1 Polokarto. Subyek penelitian: peserta didik kelas XI IPS1. Jumlah peserta didik 32. Prosedur Penelitian Tindakan Kelas dengan 2 siklus. Teknik pengumpulan data adalah teknik tes dan non tes. Alat pengumpul data berupa butir-butir soal tes tertulis dan lembar Observasi aktivitas belajar peserta didik yang dilakukan kolaborator. Hasil penelitian : Kondisi awal ke siklus 2 terjadi peningkatan motivasi belajar peserta didik dari ke-empat aspek yang dinilai yaitu : Aspek kehadiran tetap 100%, aspek interaksi dengan guru meningkat dari 15,63% menjadi 93,75%, aspek antusias dalam kelompok meningkat dari 0% menjadi 66,27%, sedangkan aspek tanggung jawab dalam pembelajaran meningkat dari 15,63% menjadi 93,75%. Pada nilai prestasi dari kondisi awal ke siklus 2 meningkat dari nilai rerata 58,91 menjadi 80,16. Nilai tertinggi naik dari 75 menjadi 95, nilai terendah naik dari 45 menjadi 65 dan ketuntasan belajar meningkat dari 31,25% menjadi 90,63%.
Downloads
References
Arends, R. I. 1997. Classroom Instruction and Management. New York: Mc Graw Hill.
Azwar, Saifuddin. 2001. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Budiningsih, Asri. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Asdi Mahasatya.
Budiyono, 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Surakarta: UNS Press.
Hamalik, Oemar. 2002. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara.
Kasbolah, Kasihani. 2001. Penelitian Tindakan Kelas. Malang: Universitas Negeri Malang Press.
Kosasih, A dan R. Angkowo. 2007. Optimalisasi Media Pembelajaran. Jakarta: Grasindo.
Peter Salim dan Yenny Salim, 1991. Kamus Bahasa Indonesia Kontemporer. Jakarta: Modern English Press.
Purwanto, M. Ngalim. 1997. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Roestiyah, 1989. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Sardiman, A.M. 2005. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Slameto, 2003. Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Slavin, Robert E.. 2008. Cooperative Learning (Teori, Riset dan Praktik). Bandung: Nusa Media
Sudjana, Nana. 1989. Cara Belajar Peserta Didik Aktif Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.
____________. 1996. Teori-teori Belajar Untuk Pengajaran. Jakarta: UI Press.
Wahyuni, Baharudin Esa Nur. 2007. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: AR-R422 Media.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Keraton: Journal of History Education and Culture agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.