IMPLEMENTASI STRATEGI P3 DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS
DOI:
https://doi.org/10.32585/keraton.v1i2.523Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar IPS pada siswa Kelas IX D SMP Negeri 2 Tungkal Ulu melalui penerapan strategi pembelajaran P3 (pengorganisasian, penyampaian, dan pengelolaan kelas). Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahapan antara lain perencanaan, pelaksanaan,observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data adalah dengan wawancara, observasi, tes dan dokumentasi atau arsip. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran P3 dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar mata pelajaran IPS tentang hubungan manusia dengan bumi siswa kelas IX D SMP Negeri 2 Tungkal Ulu. Persentase kenaikan jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar minimal (KKM) antara lain: pada siklus I siswa yang menjawab senang dan sangat senang terhadap strategi yang digunakan guru sebanyak 20 siswa dengan prosentasi siswa yang mencapai diatas KKM 69%, dan pada siklus II siswa senang dan sangat senang terhadap strategi yang digunakan guru sebanyak 23 siswa dengan prosentasi nilai diatas KKM meningkat menjadi 79,3%. Dengan demikian maka dapat dikatakan bahwa penerapan strategi pembelajaran P3 dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa.
Downloads
References
Abdul Majid.2013.Strategi Pembelajaran.Bandung : Remaja Rosdakarya
Aqim, Zaenal, 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Media.hal 12.
Arikunto, Suharsimi, dkk, 2008. Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Bumi Aksara.
Davies, I.K. 1987. Pengelolaan Belajar. Penerjemah Sudarsono S. dkk. Jakarta: Rajawali dan PAU-UT.
Degeng, I Nyoman Sudana, 1997. Strategi Pembelajaran: Mengorganisasi Isi dengan Model Elaborasi, Malang: IKIP Malang dan IPTPI.
Djiwandono, Sri Esti, 2007. Psikologi Pendidikan, Jakarta: Gramedia.
Hasibuan, M.S.P., 1996. Manajemen Dasar, Pengertian dan Masalah, Jakarta: Gunung Agung.
Mc. Clelland, Dc., 1967. The Achievement Motives, New York: Harper and Row Publishers.
Reigeluth, M.C., & Merrilm M.D. 1979. A Knowledge Base For Improving Our Methods of Instruction, Educational Psychologist,hal 13.
Suryabrata, Sumadi, 1981. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali.
Winn. W. 1981. The Meaningful Organization of Content: Research and Design Strategies. Educational Technology. Hal 218.
Wiriaatmaja, Rohiyati, 2007. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sariyatun,dkk.2018.Teachers’ Perception on Digital Teaching Material Development in Social Science Education.Journal of Turkish science education volume 15,special issue, December 2018.
Bakkidu, N., 1996. Strategi Pembelajaran Membaca Pemula di Kelas 1 SDN Se-Kecamatan Mariso Kotamadiyah Ujung Pandang. Tesis Tidak Diterbitkan Malang: PPS UM.
Ghullam Hamdu & Lisa Agustina.2011. Pengaruh Motivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Vol. 12 No.1,April 2011.
Kristian, 1995. “Pengaruh Metode Mengajar dan Motivasi Berprestasi Terhadap Perolehan Pelajaran Ilmu Ukur Tanah.” Tesis tidak diterbitkan, Malang: IKIP Malang.
Latif, M Adnan, 2003. Penelitian Tindakan Kelas Pembelajaran Bahasa Inggris, Jurnal Ilmu Pendidikan., Jilid 10, nomor 2.
Masrun, dkk., 1975. Validitas tes SPM Sebagai Alat Pengukur Kecerdasan Pelajar-Pelajar SMA, Yogyakarta: Jurnal Psikologi, Fakultas Psikologi UGM.
Sariyatun,dkk.2018. Teachers’ Perception on Digital Teaching Material Development in Social Science Education. Journal of Turkish science education volume 15, special issue, December 2018.
Septi, A. Dan Riandani, E.2012.Penerapan Metode Problem Solving Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Peserta Didik Kelas VIII A SMP Negeri 2 Kaloran Temanggung dalam Mengikuti Mata Pelajaran IPS. Thesis.Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Keraton: Journal of History Education and Culture agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.