MENGEMBANGKAN SOFT SKILLS DAN HARD SKILLS DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH
DOI:
https://doi.org/10.32585/.v2i1.873Abstract
Upaya pemerintah untuk mengembangkan hard skills dan soft skills dalam dunia pendidikan dengan dirancangnya konsep Merdeka Belajar sangatlah baik dan harus didukung. Selain pemerintah, sekolah beserta unsur guru yang ada harus menjalankan proses penerapan kurikulumnya dan berupaya keras memberikan yang terbaik bagi peserta didiknya. Selain itu untuk mengasah soft skills dan hard skills ada beberapa cara yang dapat dilakukan peserta didik diluar pendidikan formal yang sedang ditempuh seperti mengikuti kursus, mencari mentor dan menjadi relawan. Melalui pendidikan, akan diperoleh sumber daya manusia yang berkualitas, produktif, kreatif dan mampu bersaing. Oleh karena itu, peserta didik sebagai produk pendidikan dituntut memiliki soft skills dan hard skills
Kata Kunci: Soft Skills, Hard Skills, Pembelajaran Sejarah.
Downloads
References
Andriyanto, Muslikh. Implementasi Pendidikan Karakter Oleh Guru Dalam Pembelajaran Sejarah di SMA Negeri Kabupaten Boyolali. Lentera Karya Vol. 2, edisi 12, Halaman 93 – 100.
Fetter, Camille. 26 Juli 2017. Three Keys To Hone The Soft Skills That Will Set You Apart. Diakses pada 25 Juni 2020. https://www.talentfoot.com/2017/07/26/three-keys-to-hone-the-soft-skills-that-will-set-you-apart/
Gibson, James L. 1996. Organisasi: Perilaku, Struktur, Proses. Diterjemahkan oleh Ninuk Adriani. Jakarta: Binarupa Aksara.
Permanasari, A., 2011. Pembelajaran Sains: Wahana Potensial Untuk Membelajarkan Soft Skill dan Karakter. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA (Vol. 26, Hal. 1-11).
Karirpad.com. 21 Januari 2019. Ini Perbedaan Antara Hard Skill dan Soft Skill, Pahami Sebelum Masuk Dunia Kerja!. Diakses pada 25 Juni 2020. https://www.karirpad.com/blog/ini-perbedaan-antara-hard-skill-dan-soft-skill-pahami-sebelum-masuk-dunia-kerja/
Samana, A. 1994. Profesionalisme Keguruan, Yogyakarta: Penerbit Kanisius.
Suparno, A. Suhaenah. 2002. Membangun Kompetensi Belajar. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.
Wardhana, I.P., S., Leo Agung, Pratiwi, Veronika Unun. 2020. Konsep Pendidikan Taman Siswa Sebagai Dasar Kebijakan Pendidikan Nasional Merdeka Belajar Di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Implementasi Merdeka Belajar Berdasarkan Ajaran Tamansiswa, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (Vol. 1, No. 1).
Widarto. 2012. Model Pembelajaran Soft Skills pada Pendidikan Vokasi Bidang Manufaktur. Desertasi. Program Pascasarjana. Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.
Widiarini, Annisa Dea. 23 November 2018. Tiga Cara Mengasah Soft Skill untuk Karier di Masa Depan. Diakses pada 25 Juni 2020. https://edukasi.kompas.com/read/2018/11/23/08580011/tiga-cara-mengasah-soft-skill-untuk-karier-di-masa-depan.
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Keraton: Journal of History Education and Culture agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.