PERANCANGAN BUKU DIGITAL LABORATORIUM SEJARAH RUMAH ARCA SUKOHARJO SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENINGGALAN SEJARAH LOKAL SISWA SMA KABUPATEN SUKOHARJO

Authors

  • Fauzi Rachman Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo

DOI:

https://doi.org/10.32585/.v2i1.874

Abstract

Semakin berkembang maju teknologi digital yang terjadi di Kabupaten Sukoharjo, membuat remaja kurang mengetahui keberadaan lingkungan yang berada di sekitar yang mempunyai nilai sejarah lokal seperti Laboratorium Sejarah Rumah Arca Sukoharjo. Siswa kurang mengetahui dan tertarik untuk berkunjung ke Laboratorium Sejarah, karena Laboratorium Sejarah dianggap sebagai sebuah tempat yang membosankan. Sehingga pengetahuan siswa sekarang tentang sejarah khususnya sejarah lokal sangat terbatas. Oleh karena itu perancangan ini bertujuan untuk membuat alternatif media berupa buku digital yang menjadi trend sekarang ini untuk digunakan sebagai media pembelajaran sejarah lokal. Perancangan ini menggunakan penelitian kualitatif yaitu dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka untuk mendapatkan data-data yang digunakan sebagai pendukung pembuatan konsep perancangan media. Data dianalisis dengan menggunakan beberapa tahap, yakni reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Melalui analisis data tersebut maka diperoleh tema konsep perancangan yaitu efektifitas & efisiensi. Deskripsi dari efektifitas adalah proses belajar mengajar yang bukan saja terfokus kepada hasil yang dicapai peserta didik, namun bagaimana proses pembelajaran yang efektif menggunakan media dapat dilaksanakan mencapai tujuan. Sedangkan efisiensi, optimalisasi dalam sumber daya dengan menampilkan berbagai sumber media pembelajaran di dalam buku digital sehingga mempelajari sejarah termasuk sesuatu hal yang optimal memanfaatkan berbagai media, yaitu dengan membuat adanya media audiovisual dalam penyampaian informasi dari isi buku ini. Hasil pembuatan buku digital ini diharapkan dapat menjadi alternatif media pembelajaran untuk menarik minat siswa belajar tentang peninggalan sejarah khususnya sejarah lokal kabupaten Sukoharjo.

Kata kunci: Buku Digital, Sejarah Lokal, Media Pembelajaran.

References

Petrus Andi Ciptandriyo, Andriyanto. Dokumentasi Arkeologi di Museum Rumah Arca Kabupaten Sukoharjo. Jurnal Keraton, Edisi 1, no 1, Juni 2019, Halaman 56-63.

Direktorat Museum, Ayo Kita Mengenal Museum, Direktorat Museum, Direktorat Jendral Sejarah dan Purbakala, Departemen Kebudayaan dan Pariwisata. Jakarta, 2009.

Garraghan, Gilbert J. 1957. A Guide to Historical Method. New York: Fordham University Press.

Gerlach dan Ely. 1971. Teaching & Media: A Systematic Approach. Second Edition, by V.S. Gerlach & D.P. Ely, 1980, Boston, MA: Allyn and Bacon. Copyright 1980 by Pearson Education.

Hariyono. 1995. Mempelajari Sejarah Secara Efektif. Jakarta: Pustaka Jaya.

Isjoni . 2007. Pembelajaran Sejarah. Bandung : Alfabeta.

Jain, S. C. 2000. Marketing Planning & Strategy 6th Edition. New Jersey: Prentice Hall.

Keeves, John. 2002. ‘Learning in Schools: A Modelling Approach’. International Educational Journal. 3 (2): 114 – 124 in www.iej.cjb.net, accesed on December 02nd, 2016 at 08.30 am.

Miles,M.B, Huberman,A.M, dan Saldana,J. 2014.Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook Edition 3. USA : Sage Publications.

Ng, Wan dan Van Thanh Nguyen. 2006. ‘Investigasting the integration of everyday phenomena and practical work in physics teaching in Vietnamese high schools’. International Educational Journal. 7(1): 36-50 dalam www.iej.cjb.net accesed on December 02nd 2016 at 10.00 am.

Smaldino, Sharon E., dkk. 2011. Learning Technology and Media for Learning: Teknologi Pembelajaran dan Media untuk Belajar Edisi Kesembilan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2020-09-18

Issue

Section

Artikel