KAIN BATIK BESUREK DI KOTA BENGKULU

Authors

  • Muhammad Deppendra Pendidikan Sejarah Universitas Sriwijaya
  • Syarifuddin Yusuf Pendidikan Sejarah Universitas Sriwijaya
  • Aulia Novemy Dhita Pendidikan Sejarah Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.32585/.v2i1.875

Abstract

penulisan yang berjudul “Batik Besurek” ini adalah sebuah penulisan yang membahas hampir tentang keseluruhan gambaran umum yang berkaitan dengan sub judul mulai dari sejarah cara pembuatan, bahan pembuatan hingga perkembangan sendiri. Perlu diketahui bersama bahwa batik ini merupakan batik khas yang dimiliki kota Bengkulu. Batik ini memiliki sejarah panjang dalam perkembangannya dari awal hingga sekarang, unik nya ini memiliki motif utama yaitu motif kaligrafi, sehingga bisa didapatkan bahwa ada berkaitan dengan unsur Islam, karena awalnya kain ini dibawa langsung oleh Sentot Ali Basya yang merupakan salah satu orang yang menyebarkan agama Islam. Dalam penulisan ini dijelaskan juga tentang nilai dan arti dari macam-macam motif yang ada, karena dalam motif ini memiliki makna dan arti sendiri serta berbeda dengan lainnya. Pada masa sekarang perkembangannya telah menjadi pakaian dinas wajib bagi pegawai negeri sipil yang ada di Provinsi Bengkulu dan ini membuktikan bahwa besurek merupakan karyabesar yang dimiliki serta dapat didapatkan bahwa pemerintah provinsi telah berupaya untuk mencerminkan nilai-nilai yang ada pada kearifan lokal.

Kata Kunci : Batik, Batik Besurek, Bengkulu, Kearifan Lokal

References

Banda M. Upaya Kearifan Lokal Dalam Menghadapi Tantangan Perubahan Kebudayaan. FIB Universitas Udaya.

Badan Pusat Statistik Provinsi Bengkulu. 2012. Gambaran Umum dan Daerah Penelitian. Direktorat Jenderal Cipta Karya (Menteri PUPR). 2018. Profil Infrastruktur Pemukiman (Kota Bengkulu).

Herlina, Kamaludin, Gushevinalti. 2016. IbPE Kerajinan Kain Besurek (Batik Khas Bengkulu) di Kota Bengkulu Provinsi Bengkulu. Fakultas Ekonomi, Fakultas FISIP Universitas Bengkulu.

Handayani S, Hanila S, Kurnia M. Analisis Strategi Pemasaran Kain Batik Besurek di Kota Bengkulu. Manajemen Fakultas Ekonomu Universitas Dehasen Bengkulu.

Herlina M. 2016. Iptek Bagi Produk Eksporbatik Besurek: Perspektif Pengerajin Lokal (Tradisional) Bengkulu. Vol 7 No 2. FISIP Universitas Bengkulu.

Maryam, Musofa. 2018. Local Wisdom Of Malay Moslem Community In Bengkulu. Journal of Malay Islamic Studies Vol 2 No 1. Islamic History and Culture Study Program of IAIN Bengkulu.

Haji S, Yumiati. 2018. Nilai Matematika pada Batik Besurek Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 3 No 1. Pascasarjana Pendidikan Matematika Universitas Bengkulu.

Santi S. 2017. Cara Membuat Batik Besurek. Infobatik.id

Eva. 2018. Arti, Sejarah dan Motif Kain Besurek Bengkulu. Bengkulu: Pedoman Bengkulu. (Diakses Pada 2 Oktober 2019).

Published

2020-09-18

Issue

Section

Artikel