Penggunaan Metode Discovery Learning Berbantuan Media Poster dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi

Authors

  • Agita Firda Romadhona Febrian Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
  • Sintowati Rini Utami Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
  • Suhartini SMP Negeri 7 Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32585/klitika.v6i1.4580

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektivitas metode discovery learning dan media poster pada pembelajaran teks deskripsi. Teks yang kerap dianggap remeh, tetapi tidak sedikit peserta didik di kelas VIIC SMP Negeri 7 Jakarta yang justru menyalahartikan teks deskripsi sebagai teks cerita. Setelah diberikan pengantar mengenai makna teks deskripsi, peserta didik akan dituntut untuk belajar aktif dalam menulis teks deskripsi. Pada prosesnya, media poster akan berperan sebagai stimulus dalam pembelajaran dengan metode discovery learning ini. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan teknik pengumpulan data kuantitatif dan data kualitatif. Maka teknik analisis yang digunakan ialah analisis kuantitatif dan analisis kualitatif dengan bentuk pengumpulan data tes tulis, observasi, wawancara, dan dokumentasi.  Tiga hal yang akan diamati pada penelitian ini adalah proses pembelajaran, peningkatan keterampilan menulis, dan perubahan perilaku peserta didik dengan menggunakan metode discovery learning berbantuan media poster. Hasilnya menunjukkan bahwa peserta didik dapat mengikuti proses pembelajaran dengan metode discovery learning berbantuan media poster. Terdapat pula peningkatan nilai peserta didik pada ketiga siklus. Keaktifan peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran pun meningkat. Adanya peningkatan baik keterampilan maupun sikap peserta didik yang signifikan pada proses pembelajaran melalui metode discovery learning dan media poster menunjukkan nilai efektivitas yang tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-07-05

Issue

Section

Artikel