Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Round Table dan Tipe Jigsaw Terhadap Keterampilan Menulis Teks Laporan SMP Negeri 8 Kota Serang

Authors

  • Maulida Sarah Azzahra Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Asep Muhyidin Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Tatu Hilaliyah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.32585/klitika.v7i1.5816

Abstract

Teks laporan hasil observasi (LHO) masih menjadi materi yang kurang diperhatikan dengan serius. Pada kenyataannya, teks LHO termasuk ke dalam karya tulis ilmiah dan menjadi pembelajaran menulis yang sangat penting. Penelitian ini ditujukan untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe roundtable dan tipe jigsaw, kemudian perbedaan pengaruhnya terhadap keterampilan menulis teks LHO siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Kota Serang. Pendekatan kuantitatif dan metode eksperimen serta pretest-posttest control group design sebagai desain penelitian digunakan pada studi ini. Untuk menentukan sampel, digunakan teknik pengambilan sampel secara acak (random sampling). Teknik tes dengan instrumen penilaian yang sudah ditentukan digunakan untuk pengumpilam data. Hasil menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe round table memiliki rata-rata hasil pretest 55,8 dan hasil posttest 81,6. Adapun pengaruh model pembelajaran jigsaw memiliki rata-rata nilai 54,6 dan nilai posttest 73,6. Hasil perbedaan posttest dari kedua kelas menunjukkan model pembelajaran round table lebih unggul dengan selisih 8 poin. Hasil rata-rata nilai posttest kedua kelas menunjukkan bahwa siswa telah melampaui standar nilai keterampilan menulis yakni 70. Dengan begitu, maka disimpulkan bahwa model pembelajaran round table lebih baik daripada model pembelajaran jigsaw untuk diterapkan dalam meningkatkan keterampilan menulis teks LHO siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amalia, Ila. 2023. “Kebutuhan Model Pembelajaran Kooperatif Menulis Akademik Dengan Pendekatan Proses.” Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran 7 (2): 257–65. https://doi.org/10.23887/jipp.v7i2.57969.

Anggina, Putri. 2016. “Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw Terhadap Kemampuan Menulis Cerpen Oleh Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 58 Medan Tahun Pembelajaran 2016-2017.” Medan: Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Arikunto, Suharsimi. 2019. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. 15th ed. Jakarta: Rineka Cipta.

Diana, Purwati Zisca. 2020. Collaborative Learning Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. 1st ed. Surakarta: CV Jagad Aksara.

Gusfitri, Maya Lestari, and Elly Delfia. 2021. Bahasa Indonesia. Edited by Cicilia Heni Lestari. 1st ed. Jakarta: Pusat Perbukuan Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Komplek Kemdikbudristek.

Harinaliza. 2022. “Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Rakyat Dengan Pendekatan Kontekstual.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia 11 (2): 178–87. https://doi.org/10.23887/jurnal_bahasa.v11i2.1454.

Hendrisman. 2020. “Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Kooperatif Model Jigsaw Terhadap Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Bukittinggi.” JELISA:Jurnal Edukasi Dan Literasi Bahasa 1 (1): 11.

I. Zulianti, and S.A. Bowo. 2023. “Hubungan Antara Penguasaan Kosakata Dan Motivasi Belajar Dengan Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia 12 (1): 1–12. https://doi.org/10.23887/jurnal_bahasa.v12i1.2231.

I.G.B.W. Sanjaya. 2022. “Pembelajaran Wangun Lengkara Dengan Model Jigsaw Berbasis Blended Learning.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia 11 (1): 43–53. https://doi.org/10.23887/jurnal_bahasa.v11i1.721.

Isjoni. 2016. Cooperative Learning: Efektifitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta.

Muhlis Fajar, W. (2023). e-Bookchapter Education Challanges ICEI (Speaking Skills Learning Assessment in The Era Of Society 5.0). 1.

Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Penilaian Pengajaran Bahasa Dan Sastra. 3rd ed. Yogyakarta: BPFE.

Nurhadi. 2019. Hand Book of Writing: Panduan Lengkap Menulis. 1st ed. Jakarta: Bumi Aksara.

Rahayu, Nur Afni Puji. 2021. “Tinjauan Ontologi, Epistemologi, Dan Aksiologipeningkatan Ketereampilan Menulis Deskripsi Melalui Model Kooperatif Tipe Round Table.” Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia 11 (1): 133–39.

Septiana, Sinta Dinar. 2020. “Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Melalui Penerapan Model Problem Based Learning Dengan Media Aplikasi Powtoon Di Kelas X IPA 4 SMA Negeri 1 Arjasa.” Jember: Universitas Jember.

Setyaningsih, Ika. 2019. Mengenal Jenis-Jenis Teks. Yogyakarta: PT Intan Pariwara.

Sismaningtyas, Desti. 2018. “Pengaruh Model Kooperatif Tipe Round Table Terhadap Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Srijaya Negara Palembang.” Universitas Sriwijaya. http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/15379.

Sugiyono. 2023. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. 3rd ed. Bandung: Alfabeta.

Sudiatmi, T., Fajar Wicaksana, M., Dini Septiari, W., & Veteran Bangun Nusantara, U. (2022). Keefektifan Perangkat Pembelajaran Mata Kuliah Bahasa Indonesia Berbasis Problem Based Learning. In 28 Widyabastra (Vol. 10, Issue 1).

Suparmin, Sukarno, Titik Sudiatmi, Sri Wahono Saptomo, Sri Muryati, Wahyu Dini Septiari, Dewi Kusumaningsih, Muhlis Fajar Wicaksana, & Pardyatmoko. (2022). Buku Ajar Bahasa Indonesia.

Tarigan, Henry Guntur. 2018. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: CV Angkasa.

Wijiyanto, F. D., Suparmin, S., & Wicaksana, M. F. (2023). Pembelajaran Teks Anekdot dengan Mengubah Menjadi Komik Strip Siswa Kelas X di SMK Bina Patria 1 Sukoharjo. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(2), 1218–1225. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i2.1438

Downloads

Published

2025-09-09

Issue

Section

Artikel