Pengembangan Buku Teks Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (BIPA) Bermuatan Ahlusunah Waljamaah
DOI:
https://doi.org/10.32585/klitika.v6i2.6087Abstract
Tujuan penelitian ini meliputi (1) mendeskripsikan karakteristik kebutuhan buku teks BIPA yang bermuatan alhusunah waljamaah pada penutur asing tingkat pemula menurut persepsi penutur asing dan pengajar BIPA, (2) mengembangkan buku teks BIPA yang bermuatan alhusunah waljamaah pada penutur asing tingkat pemula, (3) menguji tingkat kevalidan buku teks BIPA yang bermuatan alhusunah waljamaah pada penutur asing tingkatpemula. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian pengembangan dari Gall et al yang terdapat empat langkah. yakni (1) studi pendahuluan, analisis kebutuhan, dan mengamati produk yang ada; (2) melakukan pengembangan produk, dan (3) menguji serta memvalidasi produk yang dikembangkan. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan melalui studi literasi,,observasi, wawancara, dan analisis dokumen-dokumen. Teknik analisis data yang digunakan melalui T-tes hasil produk yang telah dikembangkan. Produk ini dibandingkan dengan produk sebelumnya yang sudah ada. Hasil buku teks BIPA yang bermuatan alhusunah waljamaah terdiri dari 9 tema, Yakni 1) perkenalan; 2) identitas diri; 3) ciri-ciri fisik; 4) keluarga; 5) aktivitas sehari-hari; 6) hobi; 7) komunikasi; 8) transportasi; dan 9) jual beli. Masing-masing sub tema yang ada di buku teks BIPA bermuatan alhusunah waljamaah. Hasil validasi diperoleh data-data yang membuktikan bahwa media yang sudah dikembangkan termasuk dalam kategori “baik”. Hal tersebut ditunjukkan dari hasil rata-rata validasi 4,01. Berdasarkan hasil validasi, media yang dihasilkan dapat/layak digunakan dalam pembelajaran BIPA.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Eka Setya Budi; Alfina Rufiati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Klitika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.