Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Dengan Media Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Suku Batak Karo Pada Kelas X SMA Negeri 1 STM Hilir

Authors

  • Sri Mehulinta Universitas Prima Indonesia
  • Kristiawan Indriyanto Universitas Prima Indonesia
  • Yenita Br Sembiring Universitas Prima Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32585/klitika.v7i1.6952

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X di SMA Negeri 1 STM hilir melalui penerapan media pembelajaran berbasis kearifan lokal Suku Batak Karo. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan menulis siswa, yang ditunjukkan oleh hasil ulangan harian yang masih berada di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Pada setiap siklus, peneliti menerapkan strategi pembelajaran yang dirancang secara bertahap, dengan fokus pada perbaikan pendekatan pembelajaran, pemberian umpan balik yang lebih spesifik, serta peningkatan intensitas latihan menulis dan diskusi kelompok. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam kemampuan menulis siswa. Pada siklus I, hanya 17,65% siswa yang mencapai nilai di atas KKM, sedangkan pada siklus II, persentase tersebut meningkat menjadi 87,35%. Temuan ini membuktikan bahwa penggunaan media berbasis kearifan lokal sangat efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis teks eksposisi serta memperkuat pemahaman siswa terhadap struktur dan isi tulisan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraini, S. (2020). Kurangnya Minat Siswa dalam Keterampilan Menulis Teks Sastra. Diambil 1 November 2023, dari Kompasiana

Fadil, A. R., & Ramadhan, S. 2023. Pengaruh Model RADEC (Read, Answer, Discuss, Explain, Create) dan Motivasi Belajar Terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa. Ranah: Jurnal Kajian Bahasa, 12(2), 368–390.

Hotimah, D. H. (2022). Teks Laporan Hasil Observasi & Teks Eksposisi. GUEPEDIA.

Hermawan, I., & Pd, M. (2019). Teknik menulis karya ilmiah berbasis aplikasi dan metodologi. Hidayatul Quran.

Hasanah, R. (2019). Kearifan lokal sebagai daya tarik wisata budaya di Desa Sade Kabupaten Lombok Tengah. DESKOVI: Art and Design Journal, 2(1), 45–52.

Jultia, W. O., & Hanafi, F. 2019. Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas Viii Smp Negeri 1 Duruka. Jurnal Bastra (Bahasa Dan Sastra), 4(3), 445–462.

Khusni, A. R., Chotib, M., Soebahar, H. A. H., & Harisudin, H. M. N. (2025). Peran Kearifan Lokal Dalam Memperkuat Identitas Masyarakat Tengger Di Kabupaten Probolinggo. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Kearifan Lokal, 5(1), 33–46.

Kurnia, P. S. N. (2024). Penerapan Model Kontekstual Berbantuan Media Genially Dalam Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi Berorientasi Pada Gagasan Utama Pada Siswa Kelas X Smk Pasundan 2 Bandung. FKIP UNPAS.

Malida, S. (2020). Pendidikan Inklusif Berbasis Kearifal Lokal Dalam Menghadapi Era Society 5.0: Kajian Literatur Dan Sitematika Review Di Indonesia. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 29(2), 131–143.

Muhlis Fajar, W. (2023). e-Bookchapter Education Challanges ICEI (Speaking Skills Learning Assessment in The Era Of Society 5.0). 1.

Mutaqin, M. Z., Ahmad, N., & Suhartini, A. (2021). Kearifan Lokal dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Agama Islam. Aksioma Ad Diniyah: The Indonesian Journal Of Islamic Studies, 9(1).

Pahleviannur, M. R., Mudrikah, S., Mulyono, H., Bano, V. O., Rizqi, M., Syahrul, M., Latif, N., Prihastari, E. B., & Aini, K. (2022). Penelitian tindakan kelas. Pradina Pustaka.

Prihantoro, A., & Hidayat, F. (2019). Melakukan penelitian tindakan kelas. Ulumuddin: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 9(1), 49–60.

Putri, N. I., Chandrika, N. L., Pangestu, G. L., & Suryanda, A. (2020). Peranan Kearifan Lokal Sistem Sasi Dalam Pengelolaan Sumber Daya Laut Indonesia. Jurnal Ekologi, Masyarakat Dan Sains, 2(1), 12–19.

Putra, M. R. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal Melalui High Order Thinking Dalam Pembentukan Karakter Siswa. Indonesian Journal of Basic Education, 2(3), 459–468.

Raharja, A. D., Selvia, M., & Hilman, C. (2022). Revitalisasi nilai-nilai kearifan lokal dalam pendidikan yang relevan dalam mengatasi permasalahan global. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 2(2), 85–89.

Rusliani, R. (2019). Pengaruh Model Dabrowski Terhadap Kemapuan Menulis Teks Eksposisi Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 13 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020.

Setiawan, I., & Mulyati, S. (2020). Pembelajaran IPS berbasis kearifan lokal. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 121–133.Sudiatmi, T., Fajar Wicaksana, M., Dini Septiari, W., & Veteran Bangun Nusantara, U. (2022). Keefektifan Perangkat Pembelajaran Mata Kuliah Bahasa Indonesia Berbasis Problem Based Learning. In 28 Widyabastra (Vol. 10, Issue 1).

Suryanto, H. (2021). Film menggunakan kearifan lokal sebagai sumber inspirasi penciptaan (satu cara menuju film beridentitas Indonesia). IMAJI, 12(3), 112–123.

Suarningsih, N. M. (2019). Peranan pendidikan berbasis kearifan lokal dalam pembelajaran di sekolah. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 23–30.

Wijiyanto, F. D., Suparmin, S., & Wicaksana, M. F. (2023). Pembelajaran Teks Anekdot dengan Mengubah Menjadi Komik Strip Siswa Kelas X di SMK Bina Patria 1 Sukoharjo. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(2), 1218–1225. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i2.1438

Zulaeha, I., Sintarani, C., Aminah, S., Lekatompessy, A., Apriani, S. F., Sidik, M. A., Pradipta, A. P., Fatimah, S., Riadin, R. M. R., & Yusnita, R. (2024). Spektrum Pembelajaran Bahasa di Era Merdeka Belajar. Cahya Ghani Recovery.

Downloads

Published

2025-09-09

Issue

Section

Artikel