Komunikasi Pendidikan antara Guru dan Murid dalam Memberikan Keterampilan Literasi (Study pada Siswa-siswi SD N 20 Sungailiat Bangka)

Authors

  • Yang Gusti Feriyanti Stisipol Pahlawan 12 Sungailiat Bangka

DOI:

https://doi.org/10.32585/klitika.v2i1.716

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi siswa-siswi  SDN 20 Matras Sungailiat dan bagaimana peran guru dalam memberikan motivasi  berliterasi berbasis Bahasa Indonesia serta mencari solusi  model pengembangan apakah yang efektif agar siswa-siswi SDN 20 memiliki kemampuan dalam berliterasi seperti membaca dan menulis dan memaparkan ide,gagasan serta kemampuan berkomunikasinya dalam bahasa Indonesia. Penelitian ini dilakukan pada siswa-siswi kelas V SDN sebanyak 36 orang, dan metodelogi yang yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Istrumen penelitian ini dengan menggunakan observasi, hasil pengamatan,wawancara dan dokumen catatan lapangan .Tehnik analisnya dengan  Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan literasi siswa-siswi SDN 20 minim serta minat membaca mereka rendah, padahal sarana perpustakaan sangat mendukung kegiatan literasi, terbukti banyaknya buku-buku bacaan yang tersedia di perpustakaan sekolah. Ada banyak ketersediaan dan ragam buku bacaan yang ada di perpustakaan.Peran guru sangat penting untuk terlibat dalam memberikan motivasi kepada siswa-siswi SDN 20 agar gemar membaca. Penelitian ini dapat menjadi alternatif bagi peneliti lainnya  untuk meneliti dengan metode  demonstrasi, bercerita atau model tindakan kelas  media kartu.

 Kunci : Komunikasi Pendidikan, Literasi, Metode Cerita

Author Biography

Yang Gusti Feriyanti, Stisipol Pahlawan 12 Sungailiat Bangka

Stisipol Pahlawan 12 Prodi Ilmu Komunikasi

Kaprodi Ilmu Komunikasi

Published

2020-07-16

Issue

Section

Artikel