ANALISIS SPASIAL PERBANDINGAN JUMLAH ANAK USIA SD DAN RUANG KELAS KECAMATAN BULU KABUPATEN SUKOHARJO
DOI:
https://doi.org/10.32585/jkp.v1i1.11Abstract
Tujuan penelitian ini adalah : (1) mengetahui persebaran sekolah dasar di Kecamatan Bulu serta, dan (2) mengetahui perbandingan jumlah anak usia sekolah dasar dengan jumlah ruang kelas di Kecamatan Bulu Kabupaten Sukoharjo pada tahun 2015. Dalam usaha mengetahui persebaran dan kecukupan ruang sekolah dan ruang kelas yang ada di Kecamatan Bulu, digunakan metode penelitian pemetaan serta penggunaan rumus APM (Angka Partisipasi Murni) yang telah dimodifikasi berdasarkan Permendiknas No. 15 Tahun 2010. Data lokasi sekolah diperoleh dengan cara Ploting menggunakan GPS, sedangkan jumlah anak usia sekolah dasar diperoleh dengan pengambilan data ke masing-masing kelurahan. Teknik analisis data dilakukan dengan cara mengolah data hasil ploting dan peletakannya pada peta dasar menggunakan Sistem Informasi Geografis (SIG) sehingga menghasilkan peta persebaran SD di kecamatan Bulu, serta hasil perhitungan perbandingan jumlah anak usia sekolah dasar dengan jumlah ruang kelas. Hasil penelitian menunjukkan sekolah dasar di Desa di Kecamatan Bulu berjumlah 24 sekolah, yang paling banyak di Desa Bulu dengan 4 sekolah terdiri dari 3 sekolah negri dan 1 sekolah swasta. Jumlah ruang kelas sekolah dasar di Kecamatan Bulu mengalami kelebihan berdasarkan perhitungan perbandingan anak usia sekolah dasar dengan jumlah ruang kelas yang tersediaKata Kunci: Pemetaan, Ruang Kelas
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi. (1996). Prosedur Penelitian. Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Bintarto, R dan Hadisumarno, Surastopo. (1991). Metode Analisa Geografi. Jakarta : LP3ES.
Mardalis. (2002). Metode Penelitian. Jakarta : PT. Bumi Aksara.
Suryabrata, Sumadi. (2012) . Metodologi Penelitian. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada
Tika, Moch Pabundu. (1997). Metode Penelitian Geografi. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.
Villanueva, K.J. (1978). Kartografi. Bandung : Institut Teknologi Bandung
Yunus, Hadi Sabari. (2007). Subject Matter dan Metoda Penelitian Geografi Permukiman Kota. Yogyakarta : Fakultas Geografi Universitas Gadjah Mada.
Perundang-undangan :UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Permendiknas No.15 Tahun 2010
Internet : http://www.citizenjurnalism.com/world-news/indonesia/sekolah-swasta-di-kota-serang-terancam-tutup/
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Komunikasi Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.