SELAYANG PANDANG IMPLIKASI ALIRAN PENDIDIKAN KLASIK

Authors

  • Meidawati Suswandari Universitas Veteran Bangun Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.32585/jkp.v1i1.14

Abstract

Manusia adalah mahluk yang sempurna dan mengalami perubahan dan perkembangan. Diantara teori-teori perkembangan klasik dalam pendidikan antara lain : 1) Teori Empirisme yang dikemukakan oleh Jhon Locke. Teori ini berpendapat bahwa perkembangan manusia dipengaruhi oleh pengalaman, pendidikan atau lingkungan, tidak dari factor turunan orang tuanya. b) Teori Nativisme yang dikemukakan oleh Athur Schopenhauer. Teori ini berpendapat bahwa sifat-sifat manusia tergantung dari bawaan sejak lahir atau bawaan dari orang tuanya. c) Teori Konvergensi yang dikemukakan oleh William Stem. Teori ini merupakan penggabungan dari teori sebelumnya, yaitu penggabungan dari factor turunan orang tua dan pendidikan. Dengan berjalannya kehidupan manusia yang semakin dinamis, baik pola pikir, ilmu pengetahuan serta teknologi, aliran konvergensi pada umumnya diterima secara luas sebagai pandangan yang tepat dalam memahami tumbuh kembang manusia. Meskipun demikian terdapat variasi mengenai faktor-faktor mana yang paling penting dalam menentukan tumbuh kembang dalam setiap proses pendidikan.
Kata Kunci: empirisme, nativisme, konvergensi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arief Furqon. 1992. Pengantar Metode Penelitian Kualitatif. Surabaya: Usaha Nasional.

Atwi Suparman, M. 2001. Desain Instruksional. Jakarta : PAU-PPAI-UT.

Depdiknas. 2006. Bunga Rampai Keberhasilan Guru dalam Pembelajaran (SMA, SMK, dan SLB). Jakarta: Depdiknas.

Departemen Agama Republik Indonesia. 2006. Al-Qur’an dan terjemahannya. Surabaya: Pustaka Agung Harapan.

Elliot, S. N, et al. 2000. Educational Psycology: Effective Teaching, Effective Learning. Singapore: Brown&Benchmark.

Hill. W.F. 2012. Theories of Learning; Teori-Teori Pembelajaran. Bandung: Nusa Media.

HR.Bukhori Muslim (http://www.yuwonoputra.com/2013/07/-teori-perkembangan_30.html, Diunduh pada tanggal 4 September 2016, pukul 20.30 WIB).

Meidawati Suswandari. 2015. Inovasi dan Analisis Kebijakan Pendidikan. Sukoharjo: CV Jasmine.

Published

2018-01-09

How to Cite

Suswandari, M. (2018). SELAYANG PANDANG IMPLIKASI ALIRAN PENDIDIKAN KLASIK. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 1(1), 33–44. https://doi.org/10.32585/jkp.v1i1.14

Issue

Section

Artikel