SELAYANG PANDANG IMPLIKASI ALIRAN PENDIDIKAN KLASIK
DOI:
https://doi.org/10.32585/jkp.v1i1.14Abstract
Manusia adalah mahluk yang sempurna dan mengalami perubahan dan perkembangan. Diantara teori-teori perkembangan klasik dalam pendidikan antara lain : 1) Teori Empirisme yang dikemukakan oleh Jhon Locke. Teori ini berpendapat bahwa perkembangan manusia dipengaruhi oleh pengalaman, pendidikan atau lingkungan, tidak dari factor turunan orang tuanya. b) Teori Nativisme yang dikemukakan oleh Athur Schopenhauer. Teori ini berpendapat bahwa sifat-sifat manusia tergantung dari bawaan sejak lahir atau bawaan dari orang tuanya. c) Teori Konvergensi yang dikemukakan oleh William Stem. Teori ini merupakan penggabungan dari teori sebelumnya, yaitu penggabungan dari factor turunan orang tua dan pendidikan. Dengan berjalannya kehidupan manusia yang semakin dinamis, baik pola pikir, ilmu pengetahuan serta teknologi, aliran konvergensi pada umumnya diterima secara luas sebagai pandangan yang tepat dalam memahami tumbuh kembang manusia. Meskipun demikian terdapat variasi mengenai faktor-faktor mana yang paling penting dalam menentukan tumbuh kembang dalam setiap proses pendidikan.Kata Kunci: empirisme, nativisme, konvergensi
Downloads
References
Arief Furqon. 1992. Pengantar Metode Penelitian Kualitatif. Surabaya: Usaha Nasional.
Atwi Suparman, M. 2001. Desain Instruksional. Jakarta : PAU-PPAI-UT.
Depdiknas. 2006. Bunga Rampai Keberhasilan Guru dalam Pembelajaran (SMA, SMK, dan SLB). Jakarta: Depdiknas.
Departemen Agama Republik Indonesia. 2006. Al-Qur’an dan terjemahannya. Surabaya: Pustaka Agung Harapan.
Elliot, S. N, et al. 2000. Educational Psycology: Effective Teaching, Effective Learning. Singapore: Brown&Benchmark.
Hill. W.F. 2012. Theories of Learning; Teori-Teori Pembelajaran. Bandung: Nusa Media.
HR.Bukhori Muslim (http://www.yuwonoputra.com/2013/07/-teori-perkembangan_30.html, Diunduh pada tanggal 4 September 2016, pukul 20.30 WIB).
Meidawati Suswandari. 2015. Inovasi dan Analisis Kebijakan Pendidikan. Sukoharjo: CV Jasmine.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Komunikasi Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.