METODE MARIA MONTESSORI DALAM PERSPEKTIF FILSAFAT PENDIDIKAN

Authors

  • Muhammad Irsad Institut Agama Islam Ma’arif Nahdlatul Ulama’ Metro, Lampung

DOI:

https://doi.org/10.32585/jkp.v1i1.16

Abstract

Indonesia sebagai salah satu negara berkembang masih memiliki pekerjaan rumah (home work) yang banyak yang harus di selesaikan, salah satunya tentang perbaikan kualitas pendidikan. Salah satu yang paling berperan dalam menunjang kesuksesan penyelenggaraan pendidikan ialah metode pendidikan yang diterapkan. Maria Montessori sebagai seorang ilmuwan, dokter dan juga seorang pendidik, menciptakan sebuah metode pendidikan yang memberikan kebebasan kepada peserta didiknya. Penyatu-paduan antara kebebasan dan kedisiplinan dalam metode Maria ini akan penulis analisa dari perspektif Filsafat Pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian pustaka (library research), dalam menganalisa topik pembahasan menggunakan metode analisa isi (analysis content) dengan menerapkan pendekatan filosofis. Sumber primer dalam tulisan ini merupakan tulisan Maria yang diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia. Hasil dari pembahasan dalam tulisan ini adalah; Maria dalam praktik metode pendidikannya menerapkan beberapa hal sebagai berikut; mempertimbangkan aspek antropologis peserta didiknya, penyiapan lingkungan belajar perlengkapan ruang kelas, disiplin dalam kebebasan, serta penghapusan hadiah-hadiah dan bentuk-bentuk hukuman.
Kata Kunci: Maria, Montessori, Filsafat Pendidikan

References

Arikunto, Suharsimi. (1980). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Bina Usaha.

Baker, Anton, dan Achmad Charris Zubair. (1990). Metodologi Penelitian Filsafat. Yogyakarta: Kanisius.

Gandhi, Teguh Wangsa. (2011). Filsafat Pendidikan: Madzhab-Madzhab Filsafat Pendidikan. Yogykarta: Ar-Ruzz Media.

Hadi, Sutrisno. (1990). Metodologi Research. Yogyakarta, Andi Offset.

Moleong, L. J. (1990). Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Montesorri, Maria. (2008). The Absorbent Mind, terj. Dariyanto. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

______________. (2013). Montessori Method, terj. Gerald Lee Gutek (ed). Yogyakarta: Pustaka Pelajar,

Mulkhan, Abdul Munir. (1994). Runtuhnya Mitos Politik Santri, Yogyakarta: Sipress.

Mulyasa, H. E. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Nuryatno, M. Agus dan Najmuddin Muhammad, dalam Mahmud Arif. (2013). Antologi Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Dasar Islam. Yogyakarta: Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga.

Prawira, Purwa Atmaja. (2012). Psikologi Umum Dengan Perspektif Baru. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Stempel, Guide H. (1983). Conten Analysis, terj. Jalaludin Rahmat dan Arko Kasta. Bandung: Arai Komunikasi.

Sugiyono (2012). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanti, Rini D. (2012). Esai-Esai Pendidikan Islam (Pengembangan Interaksi Anak dengan Lingkungan dan Potensi Anak). Yogyakarta, STAIN Kudus

Published

2018-01-09

How to Cite

Irsad, M. (2018). METODE MARIA MONTESSORI DALAM PERSPEKTIF FILSAFAT PENDIDIKAN. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 1(1), 51–58. https://doi.org/10.32585/jkp.v1i1.16

Issue

Section

Artikel