METODE MARIA MONTESSORI DALAM PERSPEKTIF FILSAFAT PENDIDIKAN
DOI:
https://doi.org/10.32585/jkp.v1i1.16Abstract
Indonesia sebagai salah satu negara berkembang masih memiliki pekerjaan rumah (home work) yang banyak yang harus di selesaikan, salah satunya tentang perbaikan kualitas pendidikan. Salah satu yang paling berperan dalam menunjang kesuksesan penyelenggaraan pendidikan ialah metode pendidikan yang diterapkan. Maria Montessori sebagai seorang ilmuwan, dokter dan juga seorang pendidik, menciptakan sebuah metode pendidikan yang memberikan kebebasan kepada peserta didiknya. Penyatu-paduan antara kebebasan dan kedisiplinan dalam metode Maria ini akan penulis analisa dari perspektif Filsafat Pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian pustaka (library research), dalam menganalisa topik pembahasan menggunakan metode analisa isi (analysis content) dengan menerapkan pendekatan filosofis. Sumber primer dalam tulisan ini merupakan tulisan Maria yang diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia. Hasil dari pembahasan dalam tulisan ini adalah; Maria dalam praktik metode pendidikannya menerapkan beberapa hal sebagai berikut; mempertimbangkan aspek antropologis peserta didiknya, penyiapan lingkungan belajar perlengkapan ruang kelas, disiplin dalam kebebasan, serta penghapusan hadiah-hadiah dan bentuk-bentuk hukuman.Kata Kunci: Maria, Montessori, Filsafat Pendidikan
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi. (1980). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Bina Usaha.
Baker, Anton, dan Achmad Charris Zubair. (1990). Metodologi Penelitian Filsafat. Yogyakarta: Kanisius.
Gandhi, Teguh Wangsa. (2011). Filsafat Pendidikan: Madzhab-Madzhab Filsafat Pendidikan. Yogykarta: Ar-Ruzz Media.
Hadi, Sutrisno. (1990). Metodologi Research. Yogyakarta, Andi Offset.
Moleong, L. J. (1990). Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Montesorri, Maria. (2008). The Absorbent Mind, terj. Dariyanto. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
______________. (2013). Montessori Method, terj. Gerald Lee Gutek (ed). Yogyakarta: Pustaka Pelajar,
Mulkhan, Abdul Munir. (1994). Runtuhnya Mitos Politik Santri, Yogyakarta: Sipress.
Mulyasa, H. E. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Nuryatno, M. Agus dan Najmuddin Muhammad, dalam Mahmud Arif. (2013). Antologi Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Dasar Islam. Yogyakarta: Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga.
Prawira, Purwa Atmaja. (2012). Psikologi Umum Dengan Perspektif Baru. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Stempel, Guide H. (1983). Conten Analysis, terj. Jalaludin Rahmat dan Arko Kasta. Bandung: Arai Komunikasi.
Sugiyono (2012). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susanti, Rini D. (2012). Esai-Esai Pendidikan Islam (Pengembangan Interaksi Anak dengan Lingkungan dan Potensi Anak). Yogyakarta, STAIN Kudus
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Komunikasi Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.