PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK

Authors

  • Sumarni Sumarni
  • Bimo Budi Santoso
  • Achmad Rantes Suparman

DOI:

https://doi.org/10.32585/jkp.v1i1.17

Abstract

Penelitian pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbung dari pencapaian kognitif siswa di SMA Negeri 01 Manokwari (studi pada pokok bahasan kelarutan dan hasil kali kelarutan) yang bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran inkuiri terbimbing dan model pembelajaran konvensional hasil belajar kognitif siswa dan untuk mengukur persen pengaruh dari kedua model yang digunakan. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen metode penelitian kuasi dengan desain pretest posttest. Teknik pengambilan data sampel dilakukan dengan purposive sampling.Instrument yang digunakan untuk mengukur hasil belajar kognitif siswa adalah test essay.Analisis data digunakan adalah analisis deskriptif dan inferensial menggunakan software SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar kognitif, model pembelajaran inkuiri terbimbing lebih baik dari model pembelajaran konvensional dengan persen pengaruh 29,49%.
Kata Kunci: inkuiri terbimbing, hasil belajar kognitif

References

Sanjaya, W. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana. Jakarta. 2013.

Setiowati Hanifah, Nugroho Agung & Agustina Widiastuti. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Dilengkapi LKS Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Pokok Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan Kelas XI MIA SMA Negeri 1 Banyudono Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Kimia. Vol 4. No 4. 2015.

Sidin, A M. Evaluasi Pembelajaran. Makasar.Universitas Negeri Makasar. 2012.

Slameto.Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Rineka Cipta. Jakarta. 2013.

Suardana, I K. Penilaian Portopolio dalam Pembelajaran Fisika Berbasis Inkuiri Terbimbing di SMP Negeri 2 Singaraja.Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan.1(2).122-134. 2007.

Suprijono,A. Cooperative Learning. Yogyakarta :Pustaka Belajar. 2013.

Sudarmo, U. Kimia Untuk Sma/Ma Kelas XI.Jakarta :Erlangga. 2014.

Sukardi, Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta :Bumi Aksara. 2003.

Sugiyono.Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. Alfabeta. 2008.

Suprapto.Metodologi Penelitian Ilmu Pendidikan Dan Ilmu-Ilmu Pengetahuan Sosial. Yogyakarta: Caps. 2013.

Surjaweni,W.V. SPSS Untuk Penelitian.Yogyakarta. Pustaka Baru Press. 2014.

Syah,M. Psikologi Belajar. Jakarta: Pt Raja Grafindo Persada. 2005.

Trianto, Model - Model Pembelajaran Inovatif Berorentasi Konstruktivis, Prestasi Pustaka. Jakarta. 2011,

Umiyati N & Haryono.Buku Siswa Kimia Untuk SMA/MA XI Peminatan Matematika dan Ilmu – Ilmu Alam. Surakarta. Mediatama. 2014.

Zaini, H. Strategi Pembelajaran Aktif Implementasi dan Kendala Di Dalam Kelas.Makalah disajikan pada seminar dan Lokakarya Nasional “Peneningkatan Kualitas Pembelajaran Melalui Aktif Learning Menuju Profesionalisme Guru.FKIP Universitas Sebelas Maret. Surakarta. 2009.

Published

2018-01-09

How to Cite

Sumarni, S., Santoso, B. B., & Suparman, A. R. (2018). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 1(1), 59–68. https://doi.org/10.32585/jkp.v1i1.17

Issue

Section

Artikel