PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK
DOI:
https://doi.org/10.32585/jkp.v1i1.17Abstract
Penelitian pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbung dari pencapaian kognitif siswa di SMA Negeri 01 Manokwari (studi pada pokok bahasan kelarutan dan hasil kali kelarutan) yang bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran inkuiri terbimbing dan model pembelajaran konvensional hasil belajar kognitif siswa dan untuk mengukur persen pengaruh dari kedua model yang digunakan. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen metode penelitian kuasi dengan desain pretest posttest. Teknik pengambilan data sampel dilakukan dengan purposive sampling.Instrument yang digunakan untuk mengukur hasil belajar kognitif siswa adalah test essay.Analisis data digunakan adalah analisis deskriptif dan inferensial menggunakan software SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar kognitif, model pembelajaran inkuiri terbimbing lebih baik dari model pembelajaran konvensional dengan persen pengaruh 29,49%.Kata Kunci: inkuiri terbimbing, hasil belajar kognitif
Downloads
References
Sanjaya, W. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana. Jakarta. 2013.
Setiowati Hanifah, Nugroho Agung & Agustina Widiastuti. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Dilengkapi LKS Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Pokok Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan Kelas XI MIA SMA Negeri 1 Banyudono Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Kimia. Vol 4. No 4. 2015.
Sidin, A M. Evaluasi Pembelajaran. Makasar.Universitas Negeri Makasar. 2012.
Slameto.Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Rineka Cipta. Jakarta. 2013.
Suardana, I K. Penilaian Portopolio dalam Pembelajaran Fisika Berbasis Inkuiri Terbimbing di SMP Negeri 2 Singaraja.Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan.1(2).122-134. 2007.
Suprijono,A. Cooperative Learning. Yogyakarta :Pustaka Belajar. 2013.
Sudarmo, U. Kimia Untuk Sma/Ma Kelas XI.Jakarta :Erlangga. 2014.
Sukardi, Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta :Bumi Aksara. 2003.
Sugiyono.Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. Alfabeta. 2008.
Suprapto.Metodologi Penelitian Ilmu Pendidikan Dan Ilmu-Ilmu Pengetahuan Sosial. Yogyakarta: Caps. 2013.
Surjaweni,W.V. SPSS Untuk Penelitian.Yogyakarta. Pustaka Baru Press. 2014.
Syah,M. Psikologi Belajar. Jakarta: Pt Raja Grafindo Persada. 2005.
Trianto, Model - Model Pembelajaran Inovatif Berorentasi Konstruktivis, Prestasi Pustaka. Jakarta. 2011,
Umiyati N & Haryono.Buku Siswa Kimia Untuk SMA/MA XI Peminatan Matematika dan Ilmu – Ilmu Alam. Surakarta. Mediatama. 2014.
Zaini, H. Strategi Pembelajaran Aktif Implementasi dan Kendala Di Dalam Kelas.Makalah disajikan pada seminar dan Lokakarya Nasional “Peneningkatan Kualitas Pembelajaran Melalui Aktif Learning Menuju Profesionalisme Guru.FKIP Universitas Sebelas Maret. Surakarta. 2009.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Komunikasi Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.