PEMODELAN DANA BOS TERHADAP RATA-RATA NILAI RAPOT
DOI:
https://doi.org/10.32585/jkp.v1i1.19Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan dana BOS terhadap nilai rata-rata rapot siswa. Aspek dana BOS yang diperhatikan antara lain adalah pengembangan perpustakaan, pembelajaran dan ekstrakurikuler siswa, langganan daya dan jasa, dan membantu siswa miskin. Nilai rapot siswa merupakan salah satu indicator dalam pencapaian belajar maupun prestasi belajar. Instrumen penelitian ini adalah catatan rapot siswa, observasi lapangan dan angket siswa berdasarkan analisis dapat disimpulkan bahwa sebesar 77,33% rata-rata nilai rapot siswa (Y) dapat dijelaskan oleh variabel X1,X2,X3,X4, dan X5 sedangkan 22,67% lain dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian ini. Pendidikan memiliki peranan pentingdalam menciptakan masyarakat yang cerdas, damai, terbuka, dan demokratis.Keywords: BOS; Regresi Berganda; Prestasi; Pendidikan
Downloads
References
Gujarati, D. (2007). Dasar-dasar Ekonometrika. Alih Bahasa: Julius A. Mulyadi. Jakarta : Erlangga.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2009) Pedoman Operasional BOS provinsiJawa Barat. Bandung: Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat,
Sardiman. (1995). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press,
Saroni, Mohammad. (2010). Orang Miskin Harus Sekolah. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media,
Slameto. (1998). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Bina Aksara,Cet. I,
Sudjana, Nana. (1995). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru AlGensindo,
Supranto, J. (2004). Ekonometri Buku Kedua. Jakarta : Ghalia Indonesia.
Supranto, J. (2005). Ekonometri Buku Kesatu. Jakarta : Ghalia Indonesia.
Syah, Muhibbin. (2000). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya,
Undang-undang RI No. 20 Tahun 2003, Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sinar Grafika.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Komunikasi Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.