PEMODELAN DANA BOS TERHADAP RATA-RATA NILAI RAPOT

Authors

  • Sugiarto Sugiarto
  • Rezzy Eko Caraka

DOI:

https://doi.org/10.32585/jkp.v1i1.19

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan dana BOS terhadap nilai rata-rata rapot siswa. Aspek dana BOS yang diperhatikan antara lain adalah pengembangan perpustakaan, pembelajaran dan ekstrakurikuler siswa, langganan daya dan jasa, dan membantu siswa miskin. Nilai rapot siswa merupakan salah satu indicator dalam pencapaian belajar maupun prestasi belajar. Instrumen penelitian ini adalah catatan rapot siswa, observasi lapangan dan angket siswa berdasarkan analisis dapat disimpulkan bahwa sebesar 77,33% rata-rata nilai rapot siswa (Y) dapat dijelaskan oleh variabel X1,X2,X3,X4, dan X5 sedangkan 22,67% lain dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian ini. Pendidikan memiliki peranan pentingdalam menciptakan masyarakat yang cerdas, damai, terbuka, dan demokratis.
Keywords: BOS; Regresi Berganda; Prestasi; Pendidikan

References

Gujarati, D. (2007). Dasar-dasar Ekonometrika. Alih Bahasa: Julius A. Mulyadi. Jakarta : Erlangga.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2009) Pedoman Operasional BOS provinsiJawa Barat. Bandung: Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat,

Sardiman. (1995). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press,

Saroni, Mohammad. (2010). Orang Miskin Harus Sekolah. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media,

Slameto. (1998). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Bina Aksara,Cet. I,

Sudjana, Nana. (1995). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru AlGensindo,

Supranto, J. (2004). Ekonometri Buku Kedua. Jakarta : Ghalia Indonesia.

Supranto, J. (2005). Ekonometri Buku Kesatu. Jakarta : Ghalia Indonesia.

Syah, Muhibbin. (2000). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya,

Undang-undang RI No. 20 Tahun 2003, Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sinar Grafika.

Published

2018-01-09

How to Cite

Sugiarto, S., & Caraka, R. E. (2018). PEMODELAN DANA BOS TERHADAP RATA-RATA NILAI RAPOT. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 1(1), 78–88. https://doi.org/10.32585/jkp.v1i1.19

Issue

Section

Artikel