UPAYA PENINGKATAN APRESIASI PUISI MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DAN UNJUK KARYA SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.32585/jkp.v1i1.20Abstract
Penelitian ini bertujuan utuk (1) meningkatkan apresiasi puisi, (2) meningkatkan kemampuan menulis kreatif puisi, (3) meningkatkan kemampuan membaca puisi, (4) meningkatkan kemampuan menanggapi cara pembacaan puisi, dan (5) meningkatkan keaktifan dan motivasi belajar siswa SMP Negeri 2 Mojosongo. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilakukan di SMP Negeri 2 Mojosongo. Subjek penelitian adalah semua siswa kelas VII B yang berjumlah 32 siswa. Pada penelitian ini terdapat tiga variabel yaitu variabel terikat (Y1) berupa apresiasi puisi, variabel tindakan yang pertama (X1) berupa pendekatan kontekstual, dan variabel tindakan yang kedua (X2) adalah unjuk karya. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian dinyatakan bahwa penggunaan pendekatan kontekstual dan unjuk karya dapat meningkatkan apresiasi puisi. Rerata nilai kemampuan apresiasi puisi untuk menulis puisi meningkat semula rerata 69 menjadi 78,74. Ketuntasan klasikal semula 3,1% meningkat menjadi 96,87%. Kemampuan apresiasi puisi untuk membaca puisi meningkat semula rerata 69,43 menjadi 78,53. Ketuntasan klasikal semula 31,25% meningkat menjadi 100%. Pemerolehan nilai hasil menanggapi cara pembacaan puisi juga mengalami peningkatan yaitu siklus I rerata 80,30 menjadi 81,87 saat siklus II. Ketuntasan klasikal mengalami peningkatan. Proses pembelajaran berupa keaktifan dan motivasi belajar siswa jug mengalami peningkatan.Kata Kunci : Apresiasi Puisi, Pendekatan Kontekstual, Unjuk Karya Siswa
Downloads
References
Aminudin. 2004. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru.
Depdiknas. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta.
Dimyati dan Mujiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. 2004. Kurikulum 2004 Sekolah Menengah Pertama (SMP) Mata Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasonal.
Herman J. Waluyo. 2002. Apresiasi Puisi untuk Pelajar dan Mahasiswa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
. 2003. Apesiasi Puisi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
. 2008. Pengkajian dan Apresiasi Puisi. Salatiga: Widya Sari Press.
Kinayati Djojosuroto. 2005. Puisi dan Pembelajaran. Jakarta: Nuansa.
Kris Budiyono. 2009. Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Bebas dengan Media Lagu pada Siswa Kelas VIII D SMP N 9 Yogyakarta Tahun Pelajaran 2008/2009. (PTK yang tidak diterbitkan, Sertifikasi Jalur Pendidikan Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di UNY).
M. Faizal, dkk. 2009. Kajian Bahasa Indonesia SD. Jakarta: Dirjen Dikti Depdiknas.
Mulyadi HP. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Materi disajikan dalam Diklat Nasional KTI bagi peserta Forum Komunikasi Pengembangan Profesi Pendidik (FKP3) Kota Surakarta Bekerja Sama dengan DinasDikpora Kota Surakarta dan PGRI Kota Surakarta, Surakarta, April – Juli 2011.
Putu Arya Tirtawirya. 1982. Apresiasi Puisi dan Prosa. Flores: Nusa Indah.
Rachmad Djoko Pradopo. 2002. Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
S. Effendi. 1989. Bimbingan Apresiasi Puisi. Jakarta: Tangga Mustika Alam.
S. Parman Natawijaya. 1982. Apresiasi Satra dan Budaya. Jakarta: Intermasa.
Suminto A. Sayuti. 2002. Berkenalan dengan Puisi. Yogyakarta: Gama Media.
Sumiati dan Asra. 2007. Metode Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima.
Sutrimah. 2009. Kemampuan Menulis Puisi Bebas Dengan Media Lagu Pada Siswa Kelas VIII D SMPN 9 Yogyakarta Tahun Pelajaran 2008/2009. (PTK yang tidak diterbitkan, Sertifikasi Jalur Pendidikan Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di UNY).
Suyitno. 2004. Pembelajaran Apresiasi Puisi Sekolah Menengah Umum: Studi Kasus di SMU Negeri 1 dan SMU Negeri 8 Surakarta. (Penelitian Studi Kasus yang tidak diterbitkan, UNS).
Wardani. 1981. Pengajaran Sastra. Jakarta: Depdikbud.
Wina Sanjaya. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.
Yamin, M. 2007. Kiat Membelajarkan Siswa. Jakarta: Gaung Persada Press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Komunikasi Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.