Pengembangan Bahan Ajar Matematika dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel

Authors

  • Khoirul Siti Mahmudah
  • Sunismi Sunismi
  • Abdul Halim Fathani

DOI:

https://doi.org/10.32585/jkp.v3i1.230

Abstract

Tujuan pengembangan ini adalah menghasilkan bahan ajar matematika dengan pendekatan PMRI (Pendidikan Matematika Realistik Indonesia) materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel untuk Siswa Kelas VIII. Pengembangan bahan ajar ini menggunakan model pengembangan Sadiman yang meliputi 7 tahap yaitu menganalisis kebutuhan siswa dan guru, merumuskan tujuan instruksional, merumuskan butir-butir materi, perumusan alat ukur keberhasilan, penulisan naskah, tes/uji coba dan mengadakan revisi. Produk yang dihasilkan berupa bahan ajar matematika yang telah di validasi. Validator ahli materi menyatakan cukup valid dengan presentase skor 72,71%, ahli desain menyatakan valid dengan presentase skor 82,49%, ahli praktisi menyatakan cukup valid dengan presentase 75%. Sedangkan hasil uji coba pengguna (user) menyatakan cukup valid dengan presentase skor 77,49%. Dengan demikina, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar matematika yang dikembangakan sudah cukup valid untuk digunakan dalam pembalajaran.

References

Anggarayudha.2013”Pendekatan Pendidikan Realistik Indonesia. (Online). http://yudhanggara147.wordpress.com/artikel/pendidikan-matematika-realistik-indonesia-pmri/. (diakses pada tanggal 19 November 2016)

Arief , Sadiman (dkk). 2012. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Pustekkom Dikbud dan PT RajaGrafindo Persada.

Arsyad, Azhar.2014. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Gravindo Persada.

Departemen Pendidikan Nasioanal. 2011. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Hamdani. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia Bandung.

Hidayanto, Taufiq dan Irawan, Bambang. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Bebasis Realistik Mathematic Education untuk Membangun Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Kelas VIII Materi Fungsi. Vol 13 (3) : 2

Jupri, Al dan Yulianti Katika. 2010. Pengembangan Desain Pembelajaran Matematika Realistik untuk Menumbuhkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematik Siswa. Vol 20 (9): 3

Kurniawan. 2006. Mandiri Metematika SMP Kelas VIII. Jakarta: Erlangga

Maghfirah. 2012. Penelitian dan Pengembangan,(Online), (http://magfirahrasyid.blogspot.com). (diakses pada tanggal tanggal 25 Mei 2016).

Mulyasa, E. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya offset.

Nasution. 2008. Teknologi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Karsa.

Nuharini, Dewi & Wahyuni, Tri. 2008. Matematika Konsep dan Aplikasinya. Jakarta: Pusat Perbukuan Depdiknas.

Prastowo, Andi.2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: Diva Press.

Probowo, Agung dan Pramono. 2012. Potensi PMRI sebagai Inovasi dalam Pembelajaran Matematika.Vol 12 (3): 1-4.

Ramdhani, Ilyas. 2014. Pengembangan Bahan Ajar dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) untuk Memfasilitasi pencapaian Literasi Matematika siswa kelas VII. Disertai tidak diterbitkan. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Negeri Yogyakarta.

Setyosari, Punaji. 2015. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Sudjana, Nana. 2014. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sudjana, Nana dan Rivai, Ahmad.2015. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo Bandung

Sukino dan Simangunsong, Wilson. 2017. Matematika untuk SMP kelas VIII. Jakarta: Erlangga.

Sumarno, Alim. 2012. Perbedaan Penelitian dan Pengembangan. (Online), (http://alimsumarno.blog.unesa.ac.id/artikel/perbedaan-penelitian-dan-pengembangan, (diakses pada tanggal 20 September 2016).

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Widianti, Dini. 2006. Sekolah Menengah Pertama dan Madrasah Tsanawiyah Jilid 2 kelas VIII. Bandung: Percetakan Angkasa.

Published

2019-04-30

How to Cite

Mahmudah, K. S., Sunismi, S., & Fathani, A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Matematika dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 3(1), 33–41. https://doi.org/10.32585/jkp.v3i1.230

Issue

Section

Artikel