Peranan Guru Dalam Pendidikan Inklusif Untuk Pencapaian Program Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG’s)

Authors

  • Eling Diar Oktaviani Fakultas Psikologi dan Kesehatan Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang

DOI:

https://doi.org/10.32585/jkp.v4i1.440

Keywords:

pendidikan, Inklusif, Guru, peranan.

Abstract

Fenomena mengenai permasalahan yang berhubungan dengan siswa berkebutuhan khusus atau siswa yang membutuhkan pengajaran dalam menuntut ilmu secara lebih mendalam. Siswa tersebut nantinya akan mengikuti sistem pembelajaran reguler terutama di Sekolah Dasar yang menuntut untuk menyelenggarakan pembelajaran secara inklusi yang menyatukan proses belajar mengajar antara siswa reguler (siswa yang normal) dengan siswa berkebutuhan khusus. Maka dari itu kompetensi Guru di Sekolah akan dituntut lebih mendalam dalam mengajar siswa yang berkebutuhan khusus. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kepustakaan (library research), sedangkan pengumpulan data dengan menelaah dan mengeksplorasi beberapa Jurnal, buku, serta beberapa artikel dimana sumber data atau informasi lainnya relevan (terkait) dengan kajian yang sesuai. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis peranan Guru dalam Pendidikan inklusif kepada siswa yang berkebutuhan khusus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru sudah melakukan pembelajaran adaptif bagi anak  yang kesulitan belajar dengan  menyesuaikan kondisi  peserta  didik itu sendiri, penyesuaian  tersebut  berkaitan  dengan  metode  strategi,  materi,  alat/media pembelajaran, dan lingkungan belajar.

References

Simplice, Stella-Maris, dan Rexton T. Nting. Inequality, information and incusive education in sub-Saharan Africa, 2019, South Afrika, Technological Forecasting & Sosial Change.

Suryanto dan Mudjito, Masa Depan Pendidikan Inklusif, 2014, Dirjen Pendidikan Dasar Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Jakarta.

Satrio Budi Wibowo and Juhri Abdul Muin, (2018), “Inclusive Education in Indonesia: Equality Education Access for Disabilities” in The 1st International Conference on South East Asia Studies, 2016, KnE Social Sciences.

Lattu Desje, 2017, Peran Guru Bimbingan dan Konseling pada Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusi, Jurnal Bimbingan dan Konseling Terapan Volume 02 Number 01.

Aline Bento Ambrosio Avelar, Keilla Dayane da Silva-Oliveira and Raquel da Silva Pereira, 2019, Education for advancing the implementation of the Sustainable Development Goals: A systematic approach: The International Journal of Management Education.

Aulia Rahmaniar Fannisa (2016), The Role Of Shadow Teacher On Giving Education Service For Special Students In The Inclusive School SD N Giwangan Yogyakarta, Yogyakarta:Jurnal Widia Ortodidaktika.

Asep Supena, 2017, Model Pendidikan Inklusif Untuk Siswa Tunagrahita Di Sekolah Dasar, Jakarta:Jurnal Parameter Volume 29 No. 2.

Robinson Deborah, 2017, “Effective inclusive teacher education for special educational needs and disabilities: Some more thoughts on the way forward” : Teaching and Teacher’s Education.

Agung Nugroho dan Lia Mareza, 2016, Model Dan Strategi Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus Dalam Setting Pendidikan Inklusi, Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa Volume 2 Nomor 2

Published

2020-01-31

How to Cite

Oktaviani, E. D. (2020). Peranan Guru Dalam Pendidikan Inklusif Untuk Pencapaian Program Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG’s). Jurnal Komunikasi Pendidikan, 4(1), 55–61. https://doi.org/10.32585/jkp.v4i1.440

Issue

Section

Artikel