KOMUNIKASI MODEL LASWELL DAN STIMULUS-ORGANISM-RESPONSE DALAM MEWUJUDKAN PEMBELAJARAN MENYENANGKAN
DOI:
https://doi.org/10.32585/jkp.v2i1.65Abstract
Penelitian ini dilakukan atas dasar permasalahan dalam komunikasi pendidikan. Objek penelitian ini adalah Taman Pendidikan Al-Quran (TPA) Melda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola komunikasi yang diterapkan oleh institusi pendidikan Alquran yaitu : TPA. Apakah komunikasi yang dijalankan masih apa adanya atau sudah direncanakan dan dirancang secara sistematis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Teori yang digunakan adalah model komunikasi Laswell dan S-O-R (Stimulus, Organism, Response). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi memiliki peran penting bagi kemajuan pendidikan. Buktinya bisa dilihat pada model komunikasi yang diterapkan di TPA Melda. Komunikasi pembelajaran yang diterapkan oleh TPA Melda telah dirancang secara sistematis sehingga anak-anak mengalami pembelajaran yang menyenangkan. Hasil lainnya adalah aspek kognitif dan aspek afektif dalam pembelajaran di TPA ini tercapai.
Kata kunci : model komunikasi, pembelajaran menyenangkan
Downloads
References
Andrei Radu IOVA. (2013). Aspect of The Communication in The Educational System. Case Study, High School Sector. Scientific Papers Series Management , Economic Engineering in Agriculture and Rural Development Vol. 13, Issue 2, p195-198.
Carmen Olguţa Brezuleanui, Stejărel Brezuleanui, Gabriela Ignat. (2011). Study Abouth Importance Of Effective Listening in Communication of Educational Managemen. Lucrari Stiinntifice, Vol. 54, Issue.2, p344-347
Bogdan dan Taylor, 1975 dalam J. Moleong, Lexy. (1989).Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remadja Karya
Bungin, M. Burhan. (2008_. Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Effendy, O. U. (2003). Ilmu Komunikasi Teor idan Praktek. Cetakan kesembilan belas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Effendy, O.U. (2004). Dinamika Komunikasi. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Lexy J. Moleong. (2016). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung : Rosda Karya.
Mardalis .(1999). Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta : Bumi Aksara
Sasa Djuarsa Sendjaja. (2005). Pengantar Komunikasi. Jakarta: Universitas Terbuka.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta
Suparno. (1999). Kemahiran BerKomunikasi Lisan dalam Konteks Instruksional Guru Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol 6, No 1, hal 51-60
Rahmad, Jalaluddin. (1992). Islam Aktual. Bandung : Mizan
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Komunikasi Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.