KOMUNIKASI MODEL LASWELL DAN STIMULUS-ORGANISM-RESPONSE DALAM MEWUJUDKAN PEMBELAJARAN MENYENANGKAN

Authors

  • Dani Kurniawan

DOI:

https://doi.org/10.32585/jkp.v2i1.65

Abstract

Penelitian ini dilakukan atas dasar permasalahan dalam komunikasi pendidikan. Objek penelitian ini adalah Taman Pendidikan Al-Quran (TPA) Melda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola komunikasi yang diterapkan oleh institusi pendidikan Alquran yaitu : TPA. Apakah komunikasi yang dijalankan masih apa adanya atau sudah direncanakan dan dirancang secara sistematis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Teori yang digunakan adalah model komunikasi  Laswell dan S-O-R (Stimulus, Organism, Response). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi memiliki peran penting bagi kemajuan pendidikan. Buktinya bisa dilihat pada model komunikasi yang diterapkan di TPA Melda. Komunikasi pembelajaran yang diterapkan oleh TPA Melda telah dirancang secara sistematis sehingga anak-anak mengalami pembelajaran yang menyenangkan. Hasil lainnya adalah aspek kognitif dan aspek afektif dalam pembelajaran di TPA ini tercapai.

Kata kunci : model komunikasi, pembelajaran menyenangkan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andrei Radu IOVA. (2013). Aspect of The Communication in The Educational System. Case Study, High School Sector. Scientific Papers Series Management , Economic Engineering in Agriculture and Rural Development Vol. 13, Issue 2, p195-198.

Carmen Olguţa Brezuleanui, Stejărel Brezuleanui, Gabriela Ignat. (2011). Study Abouth Importance Of Effective Listening in Communication of Educational Managemen. Lucrari Stiinntifice, Vol. 54, Issue.2, p344-347

Bogdan dan Taylor, 1975 dalam J. Moleong, Lexy. (1989).Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remadja Karya

Bungin, M. Burhan. (2008_. Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Effendy, O. U. (2003). Ilmu Komunikasi Teor idan Praktek. Cetakan kesembilan belas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Effendy, O.U. (2004). Dinamika Komunikasi. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Lexy J. Moleong. (2016). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung : Rosda Karya.

Mardalis .(1999). Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta : Bumi Aksara

Sasa Djuarsa Sendjaja. (2005). Pengantar Komunikasi. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta

Suparno. (1999). Kemahiran BerKomunikasi Lisan dalam Konteks Instruksional Guru Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol 6, No 1, hal 51-60

Rahmad, Jalaluddin. (1992). Islam Aktual. Bandung : Mizan

Published

2018-01-31

How to Cite

Kurniawan, D. (2018). KOMUNIKASI MODEL LASWELL DAN STIMULUS-ORGANISM-RESPONSE DALAM MEWUJUDKAN PEMBELAJARAN MENYENANGKAN. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(1), 60–68. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i1.65

Issue

Section

Artikel