PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA PUISI DENGAN METODE DEMONSTRASI DI SEKOLAH DASAR

Mulyono Mulyono

Abstract


ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan perencanaan, (2) pelaksanaan pembelajaran, (3) hambatan, dan (4) mendeskripsikan upaya guru mengatasi kesulitan belajar dalam membaca puisi dengan metode demonstrasi di Sekolah Dasar Negeri Pengkok 4. Metode penelitian ini menggunakan studi kasus penelitian dengan pendekatan kualitatif. Strategi penelitian ini menggunakan studi kasus didirikan. Data dalam penelitian ini berupa informasi tentang pembelajaran membaca puisi dengan metode demonstrasi, masalah-masalah yang timbul dalam kesulitan belajar dan cara mengatasi masalah tersebut. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini berasal dari dokumen dan orang yang diwawancarai. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumen. Teknik analisis data menggunakan model interaktif Milles dan Huberman. Hasil penelitian dan observasi diperoleh sebagai berikut: (1) perencanaan pembelajaran pembacaan puisi dengan metode demonstrasi dilakukan dengan menyusun RPP berdasarkan silabus dan kurikulum yang telah ditetapkan; (2) pelaksanaan pembelajaran membaca puisi dengan metode demonstrasi yaitu guru membuat kelompok, berbagi bacaan, meminta siswa untuk mengajukan pertanyaan, meminta siswa untuk membacakan puisi yang dialamatkan oleh guru, guru mengevalusi penampilan dan penampilan siswa; (3) hambatan yang muncul dalam pembelajaran membaca puisi dengan metode demonstrasi adalah terbatasnya kemampuan siswa dalam membaca puisi; (4) solusi dalam mengatasi hambatan adalah membimbing siswa dengan cara bertanya mengarah pada materi pelajaran.


References


DAFTAR PUSTAKA

Al-ma’ruf, Ali Imron dan Nugrahani, Farida. 2017. Pengkajian Sastra: Teori dan aplikasi. Surakarta: Djiwa Amarta Press.

_______. 2019. 41

Aminuddin, Rasyad. 2006. Metode Pembelajaran Pendidikan Bahasa Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Milles, dan Huberman. 1992. Analisa Data Kwalitatif ( terjemahan Tjetjep Rohendi Rohisi). Jakarta: UI Prees.

Moleong, Lexi J. 2005. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta : Rineka Cipta.

Mulyasa. 2006. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Kemandirian Guru dan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara

Nugrahani, Farida. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif: Teori dan Alikasi. Surakarta: UNS Press

Nugrahani, Farida. 2014. Metode Penelitian Kualitatif. Solo: Cakra Books.

_______. 2017. 43 _______.2019. 42 Pidarta, Made. 2007. Landasan Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta. Pradopo, Rachmat Djoko. 1993. Beberapa Teori Sastra, Metode Kritik, dan Penerapannya. Rusminiati. 2007. Pengembangan Pendidikan Kewarganegaraan SD. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departement Nasional.

Widayati, Mukti. 2017. Forgrouding dalam Kumpulan Cerpen Adam Ma’rifat karya Danarto. Jurnal Stilistika Kajian Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya. Volume 3 No. 1 Februari 2017.




DOI: https://doi.org/10.32585/.v5i1.612

Refbacks

  • There are currently no refbacks.