PEMBELAJARAN MENULIS PUISI DENGAN METODE QUANTUM PADA SISWA KELAS V SD NEGERI LABAN 01 KECAMATAN MOJOLABAN

Puji Hastuti

Abstract


ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan perencanaan; (2) pelaksanaan pembelajaran; (3) kendala; dan (4) solusi atas kendala dalam pembelajaran menulis puisi dengan metode Quantum. Berdasarkan datanya, jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa dan guru kelas V SD Negeri Laban 01 Kecamatan Mojolaban.Teknik cuplikan yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling.Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah pembelajaran menulis puisi pada siswa kelas V SD Negeri Laban 01.Teknik pengumpulan data dilakukan melalui (1)Wawancara mendalam, (2) Observasi (3) Analisis dokumen.Teknik validitas data penelitian ini digunakan triangulasi metide dan sumber. Teknik analisis data menggunakan model interaktif. Hasil penelitiannya meliputi: (1) Perencanaan pembelajaran menulis puisi dengan metode Quantum yang disusun oleh guru sudah cukup lengkap, yaitu prota, promes, pemetaan SK dan KD, silabus pembelajaran, RPP, daftar penilaian siswa, agenda mengajar, media pembelajaran, dan bahan ajar; (2) Pelaksanaan pembelajaran menulis puisi yang meliputi pemilihan materi dan metode, penggunaan media pembelajaran, dan pelaksanaan evaluasi dapat dikatakan sesuai dengan metode Quantum. (3) Kendala-kendala dalam pembelajaran menulis puisi di Sekolah Dasar Negeri Laban 01 Kecamatan Mojolaban adalah kurangnya waktu yang tersedia, karena pembelajaran menulis puisi dengan metode Quantum membutuhkan waktu untuk membangun pengalaman yang mengesankan . Hal itu melibatkan proses imajinatif siswa, sehingga diperlukan waktu yang cukup banyak. Adanya beberapa media elektronik yang tidak disediakan di sekolah membuat guru harus kerepotan membawa media itu dari rumah. Selain itu, ketidakbiasaan siswa dalam mendengarkan musik saat belajar membuat guru harus melatih dari awal. (4) Usaha-usaha yang dilakukan oleh guru untuk mengatasi kendala-kendala pembelajaran puisi tersebut dengan memberikan motivasi kepada siswa supaya tetap belajar menulis puisi dan membiasakan diri mendengarkan musik-musik Mozart saat belajar dengan diawali musik yang tidak terlalu keras.

References


DAFTAR PUSTAKA Akhadiah, Sabarti dkk. 1996. Menulis. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Departemen Pendidikan Nasional,. 2005. Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Depdiknas. ______, 2006.Kurikulum Tingkat satuan Pendidikan (KTSP) untuk Sekolah. Dasar/MI. Jakarta: Depdiknas

DePorter, Bobby, Mark Reardon & Sarah Singar – Nourie. 2000. Ed. 1, cet. ke 1. Quantum Teaching. Mempraktikan Quantum Learning di Ruang – RuangKelas. Penerjemah: Ary Nilandari. Bandung: Kaifa. Moleong, Lexy J. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Muchlisoh, dkk. 1999. Materi Pokok Pendidikan Bahasa Indnesia 3. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan Pendidikan Tinggi. Mulyati, Yeti. 2002. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi. Jakarta: Universitas Terbuka.

Nugrahani, Farida. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif: Teori dan Aplikasi. Surakarta: UNS Press.

Stilistika, Vol. 5, No. 1, 2019: 71 - 79

Poerwadarminta.W.J.S. 2008.Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai. Pustaka Pradopo, Rachmat Djoko. 1979. Beberapa Teori Sastra, Metode Kritik, danPenerapannya. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press. _____. 1984. Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press. Situmorang, B.P. 1983. Puisi dan Metodologi Pengajarannya. Flores, NTT: Nusa. Indah. Sugiyanto. 2010. Model-model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: PT Yuma Pustaka. Suhendar, M. E. dan Supinah, Pien. 1993. Pendekatan Teori, Sejarah dan. Apresiasi Sastra Indonesia. Bandung: Pionir Jaya. Suriamiharja, Agus dkk. 1996. Petunjuk Praktis Menulis. Jakarta: Depdikbud. Tarigan, Henry Guntur. 1984. Pengantar Kosakata. Bandung: PT Angkasa. _____. 1993. Strategi Pengajaran dan Pembelajaran Bahasa. Bandung: Angkasa.

Widayati, Mukti. 2017. Forgrouding dalam Kumpulan Cerpen Adam Ma’rifat karya Danarto. Jurnal Stilistika Kajian Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya. Volume 3 No. 1 Februari 2017. Widyamartaya, Aloys. 1990. Seni Menuangkan Gagasan. Yogyakarta: Penerbit. Kanisius.




DOI: https://doi.org/10.32585/.v5i1.613

Refbacks

  • There are currently no refbacks.