EVALUASI REFLEKSI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MATA KULIAH BAHASA INDONESIA

Authors

  • Santi Paramita Staf Pengajar STABN Raden Wijaya
  • Farida Nugrahani Univet Bantara Sukoharjo
  • Mukti Widayati Univet Batara Sukoharjo

DOI:

https://doi.org/10.32585/.v5i1.614

Abstract

ABSTRAK
Tujuan dari penelitian evaluasi ini untuk memberikan masukan perbaikan dan peningkatan kualitas pelaksanaan program pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Sekolah Tinggi Agama Buddha yang diteliti, meliputi context: latar belakang pendidikan, status kepegawaian, dan profesionalisme dosen, serta fasilitas sarana/prasarana, juga kondisi fisik kampus dan lingkungannya. Berkaitan dengan input, meliputi silabus dan perencanaan pembelajarannya, serta materi/bahan ajarnya. Berkaitan dengan process, meliputi peran dosen, dalam menerapkan materi/bahan ajar, strategi/metode, media, evaluasinya. Berkaitan dengan product, meliputi kuantitas, kualitas dan manfaat capaian nilai-nilai karakter dalam mata kuliah Bahasa Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian terapan yang berbentuk evaluasi formatif, yang jika dilihat dari jenisnya merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan analisis mempergunakan model CIPP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa context, sudah memiliki kesesuaiannya. Input, telah dilakukan penyesuaian, sehingga proses pembelajaran berlangsung dengan baik. Process, berupa pembelajaran melalui dosen, telah melaksanakan persiapan, pelaksanaan, mempergunakan strategi dan evaluasinya dengan baik. Product, telah dicapai dengan cukup baik, serta capaian kuantitas dan kualitas nilai-nilai karakter, mahasiswa memiliki kompetensi, ketrampilan dan sikap yang baik, sesuai dengan nilai-nilai karakter.

References

DAFTAR PUSTAKA

Bath, D., Smith, C., Stein, S., & Swann, R. (2004). “Beyond Mapping and Embedding Graduate Attributes: Bringing Together Quality Assurance and Action Learning to Create a Validated and Living Curriculum”. Higher Education Research & Development, 23 (3), 313-329.

Budiharjo. (2015). Pendidikan Karakter Bangsa (Membangun Karakter Bangsa). Yogyakarta: Samudra Biru.

Cooley, W., & Bickel, W. (1986). Decision-oriented Educational Research. Kluwer Nijhoff Publishing & Boston/Dordrecht/Lancaster.

Davis, E. (1980). Teachers as Curriculum Evaluators. North Sydney, NSW: George Allen & Unwin.

Farida Nugrahani (2014). Metode Penelitian Kualitatif dalam Bidang Pendidikan Bahasa. Cakra Books, Solo.

Fernandes, J. J. X. (1984). Evaluation of Educational Program. Jakarta: National Educational Planning Evaluation and Curriculum Development.

Lickona, Thomas dan Matthew Davidson, (2004). Smart & Good High School:Integrating Excellence and Ethics for Success in Schools, Work, and Beyond. Cortland: Center for 4th and 5th Rs.

Kebijakan Nasional tentang membangun karakter bangsa tahun 2010 sd tahun

Evaluasi Refleksi Pendidikan Karakter... (Santi Paramita)

Pemerintah Republik Indonesia.

Meadow, B. (2008). Co-constructing The “Familiar Exotic” in Second Language Learner Course. Texas Linguistic Forum, 52, 117-130.

Moleong. Lexy J. (2000). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Nunan, D. (1988). Syllabus Design. Oxford University Press.

Nunan, D., & Richards, J.C. (1990). Second Language Teacher Education. New York: Cambridge University Press.

Pemerintah Republik Indonesia. (2010). Kebijakan nasional pembangunan karakter bangsa tahun 2010-2025. http://www.google.com /#hl=en&tbo=d&output=search&sclient =psyab&q=kebijakan+nasional +pembangunan+karakter+bangsa+tahun +2010-2025&gs/11-02-2013 .

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005, tentang Standar Nasional Pendidikan

Richards, J. C. (2001). Curriculum Development in Language Teaching. New York: Cambride Languange Education.

Saifuddin, A.F., & Karim, M. (2008). Refleksi Karakter Bangsa. Jakarta: Penerbit Forum Kajian Antropologi Indonesia.

Stufflebeam,D.L, (1972). Education Evaluation and Decition Making. Itasca, Illionis: F.E. Peachock Publisher. Inc.

Sugiyono, (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Alfabeta, Bandung.

Published

2020-04-03

Issue

Section

Artikel