NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA BUKU TEKS BAHASA INDONESIA SEKOLAH DASAR KELAS IV KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN

Authors

  • Yohana Subekti SD N 02 Tohkuning Karangpandan
  • Mukti Widayati Univet Bantara Sukoharjo

DOI:

https://doi.org/10.32585/.v5i1.616

Abstract

ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan pendidikan karakter yang terdapat dalam buku teks Bahasa Indonesia Sekolah Dasar Kelas IV Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan,(2) mendeskripsikan Implementasi nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam buku teks Bahasa Indonesia Sekolah Dasar Kelas IV Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan sebagai bahan ajar di Sekolah Dasar. Penelitian ini adalah penelitian deskripstif kualitatif yang termasuk dalam penelitian kebahasaan dengan strategi penelitian studi kasus terpancang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara mendalam (in depth interview) dan observasi. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini bersifat purposive sampling atau sampling bertujuan. Teknik analisis data dalam penelitian ini mengikuti konsep Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan (1) Buku Teks Bahasa Indonesia Sekolah Dasar kelas IV karangan Umri Nur’aini dan Indriyani terdapat 9 pilar nilai pendidikan karakter seperti yang disyaratkan oleh pemerintah yaitu meliputi (1) nilai cinta Tuhan dan segenap ciptaanNya terdapat 4 kutipan; (2) nilai kemandirian dan tanggung jawab terdapat 3 kutipan; (3) nilai kejujuran/amanah dan diplomatis terdapat 6 kutipan; (4) nilai hormat dan santun terdapat 10 kutipan; (5) nilai dermawan dan suka tolong menolong dan gotong royong/kerjasama terdapat 4 kutipan; (6) nilai percaya diri dan kerja keras terdapat dalam 14 kutipan; (7) nilai kepemimpinan dan keadilan terdapat dalam 2 kutipan; (8) nilai baik dan rendah hati terdapat dalam 7 kutipan; dan (9) nilai toleransi, kedamaian dan kesatuan terdapat dalam 8 kutipan. (2) Buku ini layak menjadi bahan ajar di Sekolah Dasar karena sudah memenuhi sebagai bahan ajar yang baik dan dari indikator dan jenis karakter yang ada dalam buku sudah sesuai dengan empat nilai karakter utama yakni jujur (dari olah hati), cerdas (dari olah pikir), tangguh (dari olah raga), dan peduli (dari olah rasa dan karsa) Namun demikian, dalam perimbangan nilai karakter yang terdapat dalam buku ini masih kurang berimbang.

References

DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharismi. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Azizah, Nur. 2011, Pendidikan Karakter dalam Perspektif Al-Qur‟an dan Hadits. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Jurusan Tarbiyah UIN Malang.

Baharuddin. 2007. Paradigma Psikologi Islami Studi Tentang Psikologi Dari Al-Qur’an, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dharma Kusuma dkk. 2011. Pendidikan Karakter Kajian Teori Dan Praktik Di Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya,

Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Keempat. Jakarta: Gramedia.

Hasan Langgulung. 1988. Pendidikan Islam. Jakarta: Pustaka Al-Hasna.

Nilai Pendidikan Karakter pada... (Yohana Subekti)

Jamal Ma’mur Asmuni. 2012. Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah, Yogyakarta : Diva press.

Kemendikbud. Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 1.

Koesoema, A. Doni. 2010. Pendidikan Karakter Strategi Mendidik Anak Di Zaman Global. Jakarta: Grasindo.

Masnur, Muslich. 2011. Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional, Jakarta: Bumi Aksara.

Mishad, 2012, Pendidikan Karakter: Prespektif Islam, Malang: MPA.

Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muhammad Alfan. 2013. Pengantar Filsafat Nilai, Bandung: Pustaka Setia.

Nugrahani, Farida. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif: Teori dan Aplikasi. Surakarta: UNS Press. Sugiyono. 2008. Statistika untuk Penelitian, Bandung: Alfabeta.

Sukanto. 1985. Nafsiologi Suatu Pendekatan Alternatif atas Psikologi, Jakarta: Integrita Press. Sutopo, HB. 2002. Metodologi Penelitian Kulitatif. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Narwanti, Sri. 2011. Pendidikan Karakter Pengintegrasian 18 Nilai Dalam Mata Pelajaran, Yogyakarta: Familia.

Poerbakawatja, Soegarda. 1982. Ensiklopedi Pendidikan, Jakarta: Gunung Agung. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan, Jogjakarta:Ar-Ruzz Media,.

Roger A. Kaufman. 1972 Educational System Planning, New Jersey: Prentice-Hall. Samsul Kurniawan dan Erwin Mahrus. 2102. Jejak Pemikiran Tokoh Pendidikan Islam. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Semiawan, Conny. 2008. Perspektif Pendidikan Anak Berbakat, Jakarta: PT Grasindo. Soejono, Soemargono. 2004. Pengantar Filsafat. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Soraya, Siti Zazak. 2011. Menjadi Manusia Seutuhnya Melalui Pendidikan Karakter. Jurnal Edukasi. Volume VIII Mei/ 2011),

Soyomukti, Nurani. 2010. Teori-Teori Pendidikan, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Sukardjo dan Komarudin, Ukim. 2009. Landasan Pendidikan Konsep Dan Aplikasinya, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Tim Penulis Rosda Karya. 1995. Kamus Filsafat, Bandung: Remaja Rosda Karya.

Tim Pengembang Ilmu Pendidikan. 2007. Ilmu & Aplikasi Pendidikan. Bandung: Imtima.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2004. Jakarta: Armas Duta Jaya.

www.kangmartho10.com diunduh tanggal 8 Desember 2015.

Zuchdi, Darmiyati. 2009. Humanisasi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.

Published

2020-04-03

Issue

Section

Artikel