PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS SURAT DINAS DENGAN MODEL MAKE A MATCH SEKOLAH DASAR KABUPATEN SUKOHARJO

Authors

  • Yuli Astuti Guru SD Negeri Bulakrejo 02
  • Farida Nugrahani Univet Bantara Sukoharjo
  • Suwarto Suwarto Univet Bantara Sukoharjo

DOI:

https://doi.org/10.32585/.v5i1.617

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan; 1) perencanaan pem- belajaran; 2) pelaksanaan; 3) hambatan; 4) dan solusi untuk mengatasi hambatan pembelajaran keterampilan menulis surat dinas dengan model make a match di SD Negeri Bulakrejo 02 Sukoharjo. Penelitian deskriptif kualitatif ini subjeknya siswa dan guru kelas V. Data diperoleh dengan teknik dokumentasi, observasi dan wawancara. Validasi data dengan triangulasi sumber dan metode. Analisis data dilkukan dngan model interaktif. Hasil penelitiannya: (1) perencanaan pembelajaran keterampilan menulis surat dinas dengan model make a match dilakukan dengan penyusunan silabus dan RPP (2) Dalam pelaksanaan pembelajaran denga make a match guru menyiapkan kartu, siswa kooperatif berdiskusi untuk mencari pasangan kartu yang cocok, dan dilanjutkan dengan presentasi. Selanjutnya siswa lain menaggapi, dilakukan konfirmasi dan disimpulkan. (3) Hambatan pembelajarannya adalah kurangnya media, dan sumber belajar. Selain itu siswa kurang memahami langkahnya dan belum termotivasi sehingga kurang kooperatif. (4) Solusi utuk mengatasi hambatan dengan cara memberi pertanyaan, pujian dan hadiah kepada siswa, serta saran untuk belajar kelompok. Pemanfaatan media yaitu LCD Proyektor.

References

DAFTAR PUSTAKA

Atar, Semi. M. 1990. Menulis Efektif. Padang: Angkasa Jaya Daryanto. 2005. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta Depdikbud. 2004. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia

Huda, Miftahul. 2015. Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka

Isjoni. 2008. Cooperative Learning Bandung: Alfabeta. Keraf, Gorys. 2004. Komposisi. Jakarta:Nusa Indah

Komaidi. 2011. Panduan lengkap Menulis Kreatif Teori dan Praktek. Yogyakarta: Sabda Media

Lie, Anita.2010. Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: Grasindo.

Moleong, Lexi J. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda Karya.

Nugrahani, Farida. Metode Penulisan Karya Ilmiah; Panduan bagi Mahasiswa, Ilmuwan, dan Eksekutif. Yogyakarta: Pilar Media.

_______. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Teori dan Aplikasi. Surakarta: UNS Press.

_______. 2014. Metode Penelitian Kualitatif. Solo: Cakra Books.

Nurgiyantoro,Burhan. 2009. Penilaian Bahasa dan Sastra.Yogyakarta: UGM

Sudjana, Nana. 2005. Penilaian Proses Hasil Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Tarmizi. 2008. Pembelajaran Kooperatif Make A Match. Diuduh dari http://tarmizi. wordpress.com/2008/12/03/pembelajaran-koopertaif-make-a-match.[diakses 11/8/2017].

Tarigan. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Cvbcv

Published

2020-04-03

Issue

Section

Artikel