ASPEK MORAL DALAM NOVEL PETRUK DADI RATU KARYA SUWARDI ENDRASWARA: TINJAUAN SOSIOLOGI SASTRA DAN IMPLEMENTASINYA SEBAGAI BAHAN AJAR DI SD

Authors

  • Sri Wahyuni SD NEGERI 01 KARANG

DOI:

https://doi.org/10.32585/.v3i1.7

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan latar sosiohistoris dalam novel Petruk Dadi Ratu karya Suwardi Endraswara (2) mendeskripsikan struktur novel dalam novel Petruk Dadi Ratu karya Suwardi Endraswara (3) mendeskripsikan nilai moral dalam novel Petruk Dadi Ratu karya Suwardi Endraswara yang ditinjau dari kajian sosiologi sastra, dan (4) mengimplementasikan novel Petruk Dadi Ratu sebagai alternative bahan ajar di sekolah dasar.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan stategi kasus terpancang atau (embedded research). Data dan sumber data penelitian berupa kata, frase, kalimat, wacana dalam novel Petruk Dadi Ratu karya Suwardi Endraswara. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik simak dan teknik catat. Teknik validasi data menggunakan trianggulasi data dan teori. Analisis Data menggunakan Model Interaktif Miles dan Huberman.
Berdasarkan analisis data didapatkan beberapa hasil; (1) Suwardi Endraswara dilahirkan di Dusun Prangkokan, Purwasari, Girimulya, Kulon Progo, tanggal 03 April 1964. Dalam mengarang buku PDR ini tidak lepas dari pengaruh sosial budaya pengarang yang notabennya adalah dosen sastra Jawa di salah satu universitas negeri ternama di Yogyakarta. (2) Struktur novel Petruk Dadi Ratu saling berhubungan antara tema, fakta cerita dan sarana cerita. (3) Nilai moral dalam novel Petruk Dadi Ratu karya Suwardi Endraswara berupa nilai moral baik yang meilupti kejujuran, kesabaran, penolong, kerja keras, dan mampu menahan diri; serta nilai moral buruk meliputi sombong dan tidak kenal sopan santun. (4) Hasil penelitian dapat dijadikan alternatif bahan ajar sastra di Sekolah Dasar, khususnya dalam pembelajaran sastra dan nilai moral, karena terdapat pembelajaran unsur-unsur novel pada SK dan KD Sekolah Dasar.
Kata kunci: nilai moral, novel, sosiologi sastra, bahan ajar sastra

Published

2017-02-28

Issue

Section

Artikel