HUBUNGAN MINAT MEMBACA DAN PEMAHAMAN KALIMAT SEDERHANA DENGAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA SISWA SEKOLAH DASAR DI KARANGANYAR

Authors

  • Kasino Kasino Universitas Veteran Bangun Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.32585/stilistika.v3i2.81

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi ada tidaknya, (1) Hubungan antara minat membaca dengan keterampilan berbicara; (2) Hubungan antara pemahaman kalimat sederhana dengan keterampilan berbicara; dan (3) Hubungan antara minat membaca dan pemahaman kalimat sederhana dengan keterampilan berbicara pada siswa Kelas II SD Negeri 01 Doplang Kecamatan Karangpandan Kabupaten Karanganyar Tahun  Pelajaran 2014/2015. Lokasi penelitian ini di SD Negeri 01 Doplang Kecamatan Karangpandan Kabupaten Karanganyar. Metode penelitian yang digunakan adalah survei melalui studi korelasional (hubungan). Populasi penelitian adalah siswa siswa kelas II SD Negeri 01 Doplang Kecamatan Karangpandan Kabupaten Karanganyar Tahun  Pelajaran 2014/2015sejumlah 28 orang siswa, terdiri 13 laki-laki dan 15 perempuan. Karena jumlah populasi kurang dari 100, maka semua diambil sebagai subjek penelitian atau sampel. Jadi penelitian inimerupakan penelitian populasi. Pengumpulan data untuk mengetahui minat membaca dilakukan melalui angket, sedangkan untuk pemahaman kalimat sederhana menggunakan tekniktes tertulis berupa soal tes objektif (pilihan ganda) dan essai. Untuk mengetahui keterampilan berbicara, dilakukan observasi praktik berbicara yang diselenggarakan pada saat proses pembelajaran berlangsung. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan analisis inferensial dengan rumus korelasi. Untuk hipotesis 1 dan 2 digunakan rumus korelasiparsial, sedang untuk hipotesis 3 menggunakan rumus korelasi ganda.Berdasarkan hasil perhitungan untuk hipotesis = 0,870,  = 0,842, dan RY(1,2) = 0,916. Hasil analisis data penelitian menyimpulkan bahwa: (1) ada hubungan yang positif dan signifikan antara minat membaca dengan keterampilan berbicara; (2) ada hubungan yang positif dan signifikan antara pemahaman kalimat sederhana dengan keterampilan berbicara; dan (3) ada hubungan yang positif dan signifikan antara minat membaca dan pemahaman kalimat sederhana dengan keterampilan berbicara pada siswa.

 

Kata kunci:      minat membaca, pemahaman kalimat, dan keterampilan berbicara.

References

Arsyad, Azhar, 2000. Media Pengajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Chapin, J. P. 2000. Kamus Lengkap Psikologi. Terjemahan Kartini Kartono. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Depdiknas. 2003. Pedoman Umum Pengembangan Evaluasi Kurikulum 2004. Jakarta: Depdiknas.

---------2006. Pedoman Penilaian Anak di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Depdiknas.

---------2007 Pedoman Pembelajaran Bidang Pengembangan Berbahasa di TK. Jakarta: Depdiknas.

---------2008. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa

Dimyati dan Mudjiono, 2006. Balajar dan Pembelajaran. Jakarta : PT Rineka Cipta.

George Boeree. C. 2008. Metode Pembelajaran & Pengajaran. Yogjakarta: ARRUZZ MEDIA.

Hamalik, Oemar,1986. Media Pendidikan. Bandung: Alumni.

Meidar G Arsjad dan Mukti U. S 1987. Pembinaan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Moleong. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nugrahani. Farida. 2014. Metode Penelitian Kualitatif. Solo: Cakra Books.

Nugrahani. Farida. 2017. Penggunaan Bahasa diMedia Metode Penelitian Kualitatif. Solo Nababan.

Metodologi Pengajaran Bahasa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Rogers, Natalie H. 2004 Berani Berbicara di Depan Publik: Cara Cepat Berpidato dengan efektif dan efisien. (Terjemahan Lala Herawati Dharma). Bandung: Nuansa.

Rohani, Ahmad. 1997. Media Instruksional Edukatif. Jakarta: Rineke Cipta.

Sadiman, Arif S, Raharjo R, Haryono Amung, dan Rahardjito. 2005. Media Pendidikan Pengertian Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sutopo, HB. 2006. Metodologi penelitian Kualitatif. Surakarta: UNS.

Sugono. 2009. Mahir Berbahasa Indonesia dengan Benar. Jakarta: PT Gramedia Pustak Utama.

Suyanto, Slamet. 2005. Dasar-dasar Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hikayat.

Sujana. 2002. Media Pengajaran. Jakarta: Sinar Baru. Agensindo.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Berbicara Sebagai Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Wibowo. Basuki. dan Mukti. 2001. Media Pengajaran. Bandung: CV Maulana.

Published

2018-05-30

Issue

Section

Artikel