PEMBINAAN DAN PENDAMPINGAN SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAAN DAN KINERJA GURU KELAS DALAM MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DI SD NEGERI 02 KALIWULUH KECAMATAN KEBAKKRAMAT KABUPATEN KARANGANYAR

Authors

  • Ngadino Ngadino Universitas Veteran Bangun Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.32585/stilistika.v4i1.96

Abstract

Masalah Pokok dalam Penelitian Tindakan Sekolah ini adalah Apakah Melalui Pembinaan dan pendampingan dapat Meningkatkan Kemampuan dan Kinerja Guru Kelas Dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran di  Sekolah Dasar Negeri 02 Kaliwuluh Kecamatan Kebakkramat Kabupaten Karanganyar Semester II tahun Pelajaran 2015/ 2016. Penelitian Tindakan Sekolah ini bertujuan untuk untuk  meningkatkan  Kemampuan  dan kinerja Guru kelas dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran melalui pembinaan dan pendampingan di  SDN 02 Kaliwuluh  Kecamatan Kebakkramat Kabupaten Karanganyar semester II  tahun 2015/ 2016. Penelitian Tindakan Sekolah ini dengan menggunakan strategi atau pendekatan siklus dengan langkah-langkah: perencanaan, pelaksanaan, observasi (pengamatan) dan refleksi. Hasil Penelitian: Pembinaan dan pendampingan yang dilaksanakan  Kepala Sekolah di SDN 02 Kaliwuluh Kecamatan Kebakkramat Kabupaten Karanganyar dapat meningkatkan kemampuan dan kinerja guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dengan baik dan benar. Peningkatannya cukup menggembirakan yaitu yang semula pada kondisi awal mendapat nilai 2,80 siklus I, 3,09, siklus II 3,56 dan siklus III menjadi 4,38 .

                 

Kata Kunci: Pembinaan dan pendampingan, Kemampuan Guru, RPP.

References

Akhadiyah, (2005). Bahasa Indonesia, Jakarta : Balai Pustaka.

Burhan,(1998). Pengantar Penelitian dalam Pendidikan. Surabaya : Usaha Nasional.

Depdikbud, (1994). Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka

,1996. Pengelolaan Sekolah. Jakarta : Balai Pustaka.

Gino, 2005. Strategi Pembelajaran. Bandung : Remaja.

Keraf, 2004. Komposisi Bahasa Indonesia. Jakarta : Grafindo.

Hamalik, 2003 Media Pendidikan. Bandung : Citra Aditya Bakti.

Hasan, 1999. Pembelajaran IPS Sekolah Dasar. Jakarta : Rineka Cipta.

Hernowo. 2003. Manfaat Membaca. Bandung: Remaja Karya.

Nugrahani, Farida. 2014. Metode Penelitian Kualitatif. Solo: Cakra Books.

Rahman, 1996. Belajar dan Pembelajaran. Bandung : Rosdakarya.

Kemis & Taggart. 2006. Prosedur Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Bumi Aksara

Slametto. 2003. Belajar Dan Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta : Rineka Cipta.

Sugiyanto, 2007. Pembelajaran Berbasis Kontelektual. Remaja Rosdakarya.

Arikunto, 2005. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta, PT Rineka Cipta.

Hadi, 2005 Metode Riseearch III. Yogyakarta: Yayasan Penerbit Fakultas Psikologi UGM.

Ullman, 2007. Metode Penilaian. Bandung : Tarsito.

Published

2018-05-30

Issue

Section

Artikel