IMPLEMENTASI METODE ROLE PLAYING DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI DI SMP

Authors

  • Sri Yuniati Universitas Veteran Bangun Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.32585/stilistika.v4i1.97

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk:1) mendeskripsikan perencanaan  metode role playing dalam pembelajaran menulis deskripsi; 2) pelaksanaan pembelajaran menulis deskripsi; 3) kendala-kendala yang dihadapi guru; 4) solusi guru mengatasi kendala-kendala dalam pembelajaran menulis deskripsi.    Penelitian ini adalah penelitian kualitatif pada pembelajaran Bahasa Indonesia dengan materi menulis diskripsi. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara,  dan analisis dokumen dengan cara tujuh langkah penyedia data. Pengembangan validitas data menggunakan trianggulasi sumber dan metode. Teknik analisis data menggunakan menggunakan teknik interaktif model Miles dan Huberman. Hasil penelitian memperoleh bahwa: 1) Guru  paham membuat perencanaan dengan metode role playing dalam pembelajaran keterampilan menulis deskripsi dengan baik, melakukan pengamatan langsung; 2) Pelaksanaan pembelajaran; (a) guru mengondisikan kelas dengan baik, diawali dengan salam dan berdoa; (b) guru memberikan motivasi dalam melakukan pembelajaran; (c) guru menyampaikan tujuan pembelajaran menulis deskripsi dengan metode role playing berdasarkan teks cerita fabel; 3) Kendala dalam pembelajarannya antara lain; (a) pembelajaran menulis deskripsi dengan metode role playing masih banyak siswa yang kurang serius mengikuti pembelajaran. (b) keterampilan menulis deskripsi  masih belum memenuhi harapan. (c) pemahaman dan kemampuan menulis deskripsi yang dimiliki siswa kurang terukur karena guru tidak melaksanan penilaian dalam pelaksanaan pembelajaran. 4) Solusi yang dilakukan guru  dalam mengatasi kendala-kendala  dalam pembelajaran menulis deskripsi tersebut dengan membagi kelompok berdasarkan perbedaan tingkat kemampuan bermain peran dan mengintegrasikan keterampilan bermain peran dengan keterampilan berbahasa lain, seperti menyimak dan menulis.

 

Kata Kunci : Pembelajaran, bermain peran, menulis deskripsi.

 

References

Arikunto, Suharsimi.1999. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan. Jakarta: Rhineka Cipta.

Arikunto, S., Sukardjono, P. Supardi.2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Badudu, Yus & Sutan M. Zain.1994. Kamus Umum Indonesia. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Belen, S. 2003. Belajar Aktif dan Terpadu. Surabaya: Duta Graha Pustaka.

Carin, Arthur. 2001. Teaching Science Through Discovery. New York: Macmillan Publishing Company.

Depdiknas.2003. Kegiatan Belajar Mengajar yang Efektif. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Gie The Liang. 1992. Pengantar Dunia Karang Mengarang. Yogyakarta: Liberty

Harfield, Jill.Advanced Communication Games. London: Oxford

Hamalik Oemar. 2010. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Harmer, Jeremy. 1998. How To Teach English. London: Longman

Hernowo. 2002. Mengikat Makna. Bandung: Kaifa

Keraf Gorys. 2001. Argumentasi dan Narasi. Jakarta: Gramedia

Moleong J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Nugrahani, Farida. 2014. Metode Penelitian Kualitatif. Solo: Cakra Books.

Nugrahani, Farida; Al-Ma’ruf, Ali Imron. 2015. Metode Penulisan Karya Ilmiah. Yogyakarta: Nuansa Aksara.

Nurgiyantoro, Burhan.2009.Penilaian Pengajaran Bahasa Indonesia. Yogyakarta: BPFE.

Purwadarminta.1994. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Pusat dan Pengembangan Bahasa, tanpa tahun.Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Sanjaya, Wina. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Slamet.St.Y. 2007 Dasar-Dsar Keterampilan Berbahasa Indonesia. Surakarta: UNS Press

Suryosubroto, B. 2002.Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rhineka Cipta

Suwandi Sarwiji. 2008. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Penulisan Karya Ilmiah. Surakarta

Tarigan Henry Guntur. 1991. Metodologi Pengajaran Bahasa 1. Bandung: Angkasa

Wardhani, I.G.A.K., Wihardit, K. dan Nasution, N. (2006). Penelitian Tindakan kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.

Wibowo Wahyu. 2001. Manajemen Bahasa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Published

2018-05-30

Issue

Section

Artikel