PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DI SMA N 1 POLOKARTO
DOI:
https://doi.org/10.32585/advice.v2i2.1248Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah motivasi belajar yang rendah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode terapi terpusat klien satu, dan dianalisis dengan membuat catatan kegiatan sehari-hari. Subjek penelitian ini adalah 5 siswa kelas XI SMA Negeri 1 Polokarto yang memiliki motivasi belajar rendah dengan 2 siswa sebagai indikator pembanding. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa meningkat setelah diberikan layanan bimbingan kelompok. Hal ini ditunjukkan dari hasil analisis data menggunakan uji Wilcoxon. Hal ini ditunjukkan dari hasil pretes dan motivasi belajar diperoleh zhitung> ztabel (2,521> 1,645). Kemudian Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulannya, layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI SMA N 1 Polokarto.Downloads
References
A.M. Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. PT Rajagrafindo: Jakarta
Anwar,S. 2012. Penyususnan skala piskologi. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Bahari.2002. Piskologi belajar. Jakarta : PT Gramedia
Prayitno. 2004. Layanan bimbingan kelompok dan konseling kelompok. Padang: universitas padang.
_______1995. Layanan dan bimbingan konseling kelompok. Jakarta : Ghalia Indonesia
________1997. Pelayanan bimbingan dan konseling SLTP. Jakarta :Penebar Akasara
Romlah, T. 2006. Teori Dan Praktek Bimbingan Kelompok. Malang : Universitas Negeri Malang
Sugiono .2014. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Remaja Rodaskarya
Uno, Hamzah B. 2007. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.
Utami , Ningsih, dkk. 2017. Penggunaan layanan bimbingan klompok untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas 7 dismp negri 28 bandar lampung tahun ajar 2016/2017. FKIP Universitas Lampung. Halaman 1-12
Tatoe Hayati. Upaya memingkatkan motivasi belajar siswa melalui bimbingan kelompok di SMA 2 Bangko kabupaten Rokan Hillir.Vol:8, No.1 , April 2017
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Advice: Jurnal Bimbingan dan Konseling. agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.