LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK KOOPERATIF TUTOR TEMAN SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH

Authors

  • Titik Setianingsih SMA NEGERI 1 TAYU

DOI:

https://doi.org/10.32585/advice.v2i2.1250

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada rendahnya disiplin yang dilakukan siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Tayu  dalam pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang tercermin diantaranya dari keikutsertaan pembelajaran yang tidak sesuai jadwal, respon siswa dalam memberikan tanggapan atau pertanyaan (chat/teleconference) yang rendah, kehadiran siswa mengikuti daring yang tidak tepat waktu, ketidakdisiplinan siswa dalam mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru, seringnya tidak mengisi absensi pembelajaran daring, dan lain-lain. Metode Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas Bimbingan dan Konseling  dengan pendekatan diskriptif komparatif. Subyek penelitian ini 10 orang dengan komposisi 6 siswa sebagai tutor dan 4 siswa yang tidak disiplin. Hasil penelitian dari layanan yang telah dilaksanakan melalui teknik kooperatif tutorial teman sebaya siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Tayu yaitu berhasil menaikkan kedisiplian terhadap subjek penelitian rata-rata menjadi 23 peningkatan secara kolektif dari keempat subjek tersebut dari prasiklus ke siklus I mencapai 54,23%. Kesimpulan yang diperoleh dari rekapitulasi data, bahwa peningkatan skor rata-rata keempat subjek dari prasiklus ke siklus II mencapai kenaikan 18,75 dan prosentase rata-rata kedisiplinan akhir siklus II sebesar 83,75% terhadap kondisi ideal kedisiplin dalam mengikuti PJJ secara daring pada masing-masing subjek penelitian.

 

Kata kunci: bimbingan kelompok, teknik kooperatif tutor teman sebaya, kedisiplinan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA

Colvin, Geoff. 2008. 7 Langkah untuk Menyusun Rencana Disiplin Kelas Proaktif. Cetakan I. Jakarta: PT. Indeks.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Lie, Anita. 2007. Cooperative Learning: Mempraktekkan Cooperative Learning di Ruang Kelas. Jakarta: Grasindo.

Sharan, S. 2012. The Handbook of Cooperative Learning. Yogyakarta: Familia.

Slavin, R.E. 2010. Cooperative Learning: Teori Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Sukiman. 2011. Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru Pembimbing. Yogyakarta: Paramita Publishing.

Suprijono, Agus. 2011. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Yusuf, Syamsu. 2008. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Cetakan Kesembilan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Published

2021-02-11

Issue

Section

Artikel