LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK KOOPERATIF TUTOR TEMAN SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH
DOI:
https://doi.org/10.32585/advice.v2i2.1250Abstract
Penelitian ini didasarkan pada rendahnya disiplin yang dilakukan siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Tayu dalam pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang tercermin diantaranya dari keikutsertaan pembelajaran yang tidak sesuai jadwal, respon siswa dalam memberikan tanggapan atau pertanyaan (chat/teleconference) yang rendah, kehadiran siswa mengikuti daring yang tidak tepat waktu, ketidakdisiplinan siswa dalam mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru, seringnya tidak mengisi absensi pembelajaran daring, dan lain-lain. Metode Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas Bimbingan dan Konseling dengan pendekatan diskriptif komparatif. Subyek penelitian ini 10 orang dengan komposisi 6 siswa sebagai tutor dan 4 siswa yang tidak disiplin. Hasil penelitian dari layanan yang telah dilaksanakan melalui teknik kooperatif tutorial teman sebaya siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Tayu yaitu berhasil menaikkan kedisiplian terhadap subjek penelitian rata-rata menjadi 23 peningkatan secara kolektif dari keempat subjek tersebut dari prasiklus ke siklus I mencapai 54,23%. Kesimpulan yang diperoleh dari rekapitulasi data, bahwa peningkatan skor rata-rata keempat subjek dari prasiklus ke siklus II mencapai kenaikan 18,75 dan prosentase rata-rata kedisiplinan akhir siklus II sebesar 83,75% terhadap kondisi ideal kedisiplin dalam mengikuti PJJ secara daring pada masing-masing subjek penelitian.
Kata kunci: bimbingan kelompok, teknik kooperatif tutor teman sebaya, kedisiplinan.
Downloads
References
DAFTAR PUSTAKA
Colvin, Geoff. 2008. 7 Langkah untuk Menyusun Rencana Disiplin Kelas Proaktif. Cetakan I. Jakarta: PT. Indeks.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Lie, Anita. 2007. Cooperative Learning: Mempraktekkan Cooperative Learning di Ruang Kelas. Jakarta: Grasindo.
Sharan, S. 2012. The Handbook of Cooperative Learning. Yogyakarta: Familia.
Slavin, R.E. 2010. Cooperative Learning: Teori Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.
Sukiman. 2011. Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru Pembimbing. Yogyakarta: Paramita Publishing.
Suprijono, Agus. 2011. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Yusuf, Syamsu. 2008. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Cetakan Kesembilan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Advice: Jurnal Bimbingan dan Konseling. agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.