Profil Kreativitas Peserta Didik Di SMP Negeri 34 Padang

Authors

  • Rahma Suryani STKIP PGRI Sumatra Barat
  • Ahmad Zaini STKIP PGRI Sumatra Barat
  • Rila Rahma Mulyani STKIP PGRI Sumatra Barat

DOI:

https://doi.org/10.32585/advice.v3i1.1360

Keywords:

Profil Perkembangan, Kreativitas

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya peserta didik yang kreativitasnya masih kurang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kreativitas peserta didik yang dilihat dari dua aspek sebagai berikut: 1). Aspek Kognitif : adapun yang termasuk dalam aspek kognitif yaitu  keterampilan berfikir lancar, keterampilan berfikir luwes, keterampilan berfikir orisinal, keterampilan berfikir rinci atau memperinci, dan keterampilan menilai. 2).Aspek Afektif : adapun yang terkait dalam aspek afektif yaitu sifat berani mengambil resiko, bersifat menghargai, rasa ingin tahu yang tinggi, serta imajinasi/firasat. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah 240 peserta didik. Untuk penarikan sampel menggunakan teknik purposive sampling yaitu rekomendasi dari guru bimbingan dan konseling kelas VII SMP Negeri 34 Padang  dengan jumlah 71 peserta didik. Instrumen yang digunakan yaitu angket, sedangkan untuk analisis data menggunakan teknik persentase. Hasil penelitian tentang Profil Kreativitas Peserta Didik di Kelas VII SMP Negeri 34 Padang yang dilihat dari dua aspek yaitu: 1). Aspek kognitif berada pada kategori cukup tinggi. 2). Aspek afektif berada pada kategori cukup tinggi. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan pada peserta didik agar lebih meningkatkan kembali kreativitasnya untuk menjadi lebih baik lagi kedepannya.

References

Daftar Pustaka

Ali, M. A. (2011). Psikologi Remaja-Perkembangan Peserta Didik (Cetakan Ke-5). Bumi Aksara.

Deni, D. (2014). Panduan Implementasi Pendidikan Karakter. Araska.

Hamalik, O. (2001). Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara.

Johnson, E. (2007). Contextual Teaching And Elearning, Terjemahan Ibnu Setiawan. MLC.

Kasiram, M. (2008). Metodologi Penelitian. UIN-Malang Pres.

Kenedi. (2017). Pengembangan Kreativitas Siswa Dalam Proses Pembelajaran Di Kelas II SMP Negeri 3 Rokan IV Koto. Suara Guru: Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, Sains, Dan Humaniora, 3(2). http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/suaraguru/article/viewFile/3610/2131

Kusmajati, N. (2014). Peningkatan Kreativitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Di SMP Negeri 2 Purwokerto. Geoedukasi, 3(2). https://media.neliti.com/media/publications/55741-ID-peningkatan-kreativitas-belajar-siswa-pa.pdf

Munandar, U. (2012). Kreativitas & Keberbakatan; Strategi Mewujudkan Potensi Kreatif & Bakat. PT Gramedia Pustaka Utama.

Rohani. (2017). Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Media Bahan Bekas. Raudhah: Jurnal Tarbiyah Program Studi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal (PGRA). http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/raudhah/article/download/181/164

Solso, Robert, D. (2007). Psikologi Kognitif. Erlangga.

Susanto, A. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini. Prenadamedia Group.

Utami, M. S. C. (1999). Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah. Petunjuk Bagi Para Guru Dan Orang Tua. Gramedia Widia sarana Indonesia.

, U.-U. D. R. N. 20 T. (2003). Undang-Undang Dasar RI. No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Depdikbud.

Published

2021-04-07

Issue

Section

Artikel