Profil Kreativitas Peserta Didik Di SMP Negeri 34 Padang
DOI:
https://doi.org/10.32585/advice.v3i1.1360Keywords:
Profil Perkembangan, KreativitasAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya peserta didik yang kreativitasnya masih kurang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kreativitas peserta didik yang dilihat dari dua aspek sebagai berikut: 1). Aspek Kognitif : adapun yang termasuk dalam aspek kognitif yaitu keterampilan berfikir lancar, keterampilan berfikir luwes, keterampilan berfikir orisinal, keterampilan berfikir rinci atau memperinci, dan keterampilan menilai. 2).Aspek Afektif : adapun yang terkait dalam aspek afektif yaitu sifat berani mengambil resiko, bersifat menghargai, rasa ingin tahu yang tinggi, serta imajinasi/firasat. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah 240 peserta didik. Untuk penarikan sampel menggunakan teknik purposive sampling yaitu rekomendasi dari guru bimbingan dan konseling kelas VII SMP Negeri 34 Padang dengan jumlah 71 peserta didik. Instrumen yang digunakan yaitu angket, sedangkan untuk analisis data menggunakan teknik persentase. Hasil penelitian tentang Profil Kreativitas Peserta Didik di Kelas VII SMP Negeri 34 Padang yang dilihat dari dua aspek yaitu: 1). Aspek kognitif berada pada kategori cukup tinggi. 2). Aspek afektif berada pada kategori cukup tinggi. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan pada peserta didik agar lebih meningkatkan kembali kreativitasnya untuk menjadi lebih baik lagi kedepannya.
Downloads
References
Daftar Pustaka
Ali, M. A. (2011). Psikologi Remaja-Perkembangan Peserta Didik (Cetakan Ke-5). Bumi Aksara.
Deni, D. (2014). Panduan Implementasi Pendidikan Karakter. Araska.
Hamalik, O. (2001). Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara.
Johnson, E. (2007). Contextual Teaching And Elearning, Terjemahan Ibnu Setiawan. MLC.
Kasiram, M. (2008). Metodologi Penelitian. UIN-Malang Pres.
Kenedi. (2017). Pengembangan Kreativitas Siswa Dalam Proses Pembelajaran Di Kelas II SMP Negeri 3 Rokan IV Koto. Suara Guru: Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, Sains, Dan Humaniora, 3(2). http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/suaraguru/article/viewFile/3610/2131
Kusmajati, N. (2014). Peningkatan Kreativitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Di SMP Negeri 2 Purwokerto. Geoedukasi, 3(2). https://media.neliti.com/media/publications/55741-ID-peningkatan-kreativitas-belajar-siswa-pa.pdf
Munandar, U. (2012). Kreativitas & Keberbakatan; Strategi Mewujudkan Potensi Kreatif & Bakat. PT Gramedia Pustaka Utama.
Rohani. (2017). Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Media Bahan Bekas. Raudhah: Jurnal Tarbiyah Program Studi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal (PGRA). http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/raudhah/article/download/181/164
Solso, Robert, D. (2007). Psikologi Kognitif. Erlangga.
Susanto, A. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini. Prenadamedia Group.
Utami, M. S. C. (1999). Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah. Petunjuk Bagi Para Guru Dan Orang Tua. Gramedia Widia sarana Indonesia.
, U.-U. D. R. N. 20 T. (2003). Undang-Undang Dasar RI. No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Depdikbud.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Advice: Jurnal Bimbingan dan Konseling. agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.