Meningkatkan Rasa Percaya Diri Berbicara Di Depan Umum Melalui Bimbingan Kelompok Dengan Media Ular Tangga Pada Siswa SMP Negeri 1 Randudongkal
DOI:
https://doi.org/10.32585/advice.v3i1.1431Keywords:
Layanan Bimbingan Kelompok, Media Ular Tangga, Kepercayaan diri, Berbicara di depan umumAbstract
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kepercayaan diri siswa dalam berbicara di depan umum melalui layanan bimbingan kelompok dengan media ular tangga. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Upaya meningkatkan perilaku disiplin melalui layanan bimbingan kelompok ini dilakukan sampai dengan dua siklus, yaitu siklus satu dan siklus dua. Masing-masing siklus menggunakan tahapan yang meliputi tahap perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil pra siklus I, terdapat 6 siswa yang masuk kriteria “sangat rendah” berdasarkan analisis hasil angket kepercayaan diri. Hasil siklus I kondisi kepercayaya diri siswa dalam berbicara di depan umum mengalami peningkatan dengan kriteria “cukup” sebanyak 2 siswa dan 4 siswa lainnya masih dalam kriteria “rendah”. Hasil refeleksi siklus I sebagai dasar dalam merencanakan kegiatan di siklus II, hasilnya mengalami peningkatan yang cukup signifikan yaitu, seluruh siswa mengalami peningkatan dan masuk dalam kriteria “sangat tinggi” berdasarkan data dari angket kepercayaan diri. Bila dilihat peningkatan skor dari kondisi pra siklus, dan siklus II, seluruh siswa mengalami peningkatan lebih dari 50% dari kondisi awal. Jadi layanan bimbingan kelompok dengan media ulat tangga mampu meningkatkan rasa keercayaan diri siswa berbicara di depan umum di SMP Negeri 1 Randudongkal.Downloads
References
Maulana, M., Hidayati, A. (2016). “Penggunaan Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Diskusi Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Interpersonal Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling Univet Bantara Sukoharjo Angkatan Tahun 2015/2016”. Edudikara: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 1(1). Retrieved from https://ojs.iptpisurakarta.org/index.php/Edudikara/issue/view/10
Maulana, M., Wibowo, M., & Tadjri, I. (2014). Model Bimbingan Kelompok Berbasis Budaya Jawa Dengan Teknik Permainan Untuk Meningkatkan Interaksi Sosial Siswa Smp Kota Semarang. Jurnal Bimbingan Konseling, 3(2). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jubk/article/view/4612
Saputro, Dian Bowo. Hidayati, A & Maulana, AM. (2020). “Peran Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Modeling Terhadap Sikap Sopan Santun”. Jurnal Advice. Vol 2 (2); 132-145, Desember 2020. Retrieved from http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/advice/article/view/781/pdf
Arikunto. 2003. Prosedur Penelitian Ilmiah. Jakarta : Rineka Cipta.
Corey. 2005. Theory and Practice of Counseling and Psychoterapy, Seventh Edition. USA: Thomson Brooks.
Hakim. 2002. Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri. Jakarta: Pujaswara.
Ismail. 2006. Efektifitas Bimbingan Vokasional dalam Peningkatan Motivasi Berprestasi dan Kepercayaan Diri pada Bidang Studi yang Dipilih di SMK Texmako Semarang. Tesis. Semarang: Program Pascasarjana Universitas Negeri Semarang.
Mardiyanto. 2006. Layanan Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Depdiknas.
Mawardi. 2001. Prinsip-prinsip Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Grafika. Panduan Bimbingan dan Konseling. 2004.
Prayitno. 1995. Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok. Jakarta: Ghalia
. 1998. Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok. Jakarta: Ghalia
. 2004. Layanan Bimbingan Kelompok Konseling Kelompok Seri layanan Konseling (L6 dan L7). Padang: Universitas Negeri Padang
. 2009. Seri Layanan Konseling, Layanan Penguasaan Konten. Padang: Jurusan BK FIP Universitas Negeri Padang.
Sugeng. 2004. Layanan Konseling dengan Media Konten. Semarang: Mimbar Pendidikan.
Sunardi. 2003. Pembiasaan dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Peserta didik Bicara di Depan.
Umum. Semarang: Jurnal Pendidikan.
Suraji. 2006. Cara Praktis Berpidato. Bandung: Rosdakarya.
Utami. 2005. Efektivitas Relaksasi dan Terapi Kognitif untuk Mengurangi Kecemasan Berbicara di Muka Umum. Tesis. Yogyakarta: Fakultas Pascasarjana UGM
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Advice: Jurnal Bimbingan dan Konseling. agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.