Meningkatkan Rasa Percaya Diri Berbicara Di Depan Umum Melalui Bimbingan Kelompok Dengan Media Ular Tangga Pada Siswa SMP Negeri 1 Randudongkal

Authors

  • Gilang Ditya Setyaji Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Randudongkal

DOI:

https://doi.org/10.32585/advice.v3i1.1431

Keywords:

Layanan Bimbingan Kelompok, Media Ular Tangga, Kepercayaan diri, Berbicara di depan umum

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kepercayaan diri siswa dalam berbicara di depan umum melalui layanan bimbingan kelompok dengan media ular tangga. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Upaya meningkatkan perilaku disiplin melalui layanan bimbingan kelompok ini dilakukan sampai dengan dua siklus, yaitu siklus satu dan siklus dua. Masing-masing siklus menggunakan tahapan yang meliputi tahap perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil pra siklus I, terdapat 6 siswa yang masuk kriteria “sangat rendah” berdasarkan analisis hasil angket kepercayaan diri. Hasil siklus I kondisi kepercayaya diri siswa dalam berbicara di depan umum mengalami peningkatan dengan kriteria “cukup” sebanyak 2 siswa dan 4 siswa lainnya masih dalam kriteria “rendah”. Hasil refeleksi siklus I sebagai dasar dalam merencanakan kegiatan di siklus II, hasilnya mengalami peningkatan yang cukup signifikan yaitu, seluruh siswa mengalami peningkatan dan masuk dalam kriteria “sangat tinggi” berdasarkan data dari angket kepercayaan diri. Bila dilihat peningkatan skor dari kondisi pra siklus, dan siklus II, seluruh siswa mengalami peningkatan lebih dari 50% dari kondisi awal. Jadi layanan bimbingan kelompok dengan media ulat tangga mampu meningkatkan rasa keercayaan diri siswa berbicara di depan umum di SMP Negeri 1 Randudongkal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Maulana, M., Hidayati, A. (2016). “Penggunaan Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Diskusi Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Interpersonal Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling Univet Bantara Sukoharjo Angkatan Tahun 2015/2016”. Edudikara: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 1(1). Retrieved from https://ojs.iptpisurakarta.org/index.php/Edudikara/issue/view/10

Maulana, M., Wibowo, M., & Tadjri, I. (2014). Model Bimbingan Kelompok Berbasis Budaya Jawa Dengan Teknik Permainan Untuk Meningkatkan Interaksi Sosial Siswa Smp Kota Semarang. Jurnal Bimbingan Konseling, 3(2). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jubk/article/view/4612

Saputro, Dian Bowo. Hidayati, A & Maulana, AM. (2020). “Peran Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Modeling Terhadap Sikap Sopan Santun”. Jurnal Advice. Vol 2 (2); 132-145, Desember 2020. Retrieved from http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/advice/article/view/781/pdf

Arikunto. 2003. Prosedur Penelitian Ilmiah. Jakarta : Rineka Cipta.

Corey. 2005. Theory and Practice of Counseling and Psychoterapy, Seventh Edition. USA: Thomson Brooks.

Hakim. 2002. Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri. Jakarta: Pujaswara.

Ismail. 2006. Efektifitas Bimbingan Vokasional dalam Peningkatan Motivasi Berprestasi dan Kepercayaan Diri pada Bidang Studi yang Dipilih di SMK Texmako Semarang. Tesis. Semarang: Program Pascasarjana Universitas Negeri Semarang.

Mardiyanto. 2006. Layanan Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Depdiknas.

Mawardi. 2001. Prinsip-prinsip Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Grafika. Panduan Bimbingan dan Konseling. 2004.

Prayitno. 1995. Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok. Jakarta: Ghalia

. 1998. Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok. Jakarta: Ghalia

. 2004. Layanan Bimbingan Kelompok Konseling Kelompok Seri layanan Konseling (L6 dan L7). Padang: Universitas Negeri Padang

. 2009. Seri Layanan Konseling, Layanan Penguasaan Konten. Padang: Jurusan BK FIP Universitas Negeri Padang.

Sugeng. 2004. Layanan Konseling dengan Media Konten. Semarang: Mimbar Pendidikan.

Sunardi. 2003. Pembiasaan dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Peserta didik Bicara di Depan.

Umum. Semarang: Jurnal Pendidikan.

Suraji. 2006. Cara Praktis Berpidato. Bandung: Rosdakarya.

Utami. 2005. Efektivitas Relaksasi dan Terapi Kognitif untuk Mengurangi Kecemasan Berbicara di Muka Umum. Tesis. Yogyakarta: Fakultas Pascasarjana UGM

Published

2021-04-07

Issue

Section

Artikel