KEEFEKTIFAN TEKNIK MODELING DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK SMP N 3 POLOKARTO

Authors

  • Akhmad Setyawan Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo

DOI:

https://doi.org/10.32585/advice.v3i1.1798

Keywords:

bimbingan kelompok, teknik modeling, kesulitan belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini diharapkan mampu mengembangkan keilmuan bimbingan dan konseling dalam hal bentuk layanan konseling. Utamanya yang berguna baik secara keilmuan ataupun untuk memberikan solusi tas persoalan yang terjadi dalam Pendidikan. Sedangkan khusus tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan layanan bimbingan kelompok melalui teknik modeling dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik SMP N 03 Polokarto.  Metode penelitian yang digunakan yaitu eksperimen dengan menggunakan teknik pengumpulan data menggunakan inventori sebagai pretes dan pasca tes. Random sampling dipilih dalam menentukan sampel penelitian karena penelitian ini tidak mengklasifikasikan sampel berdasarkan aspek tertentu hanya saja dibatasi pada domisili sampel. Hasil penelitian menunjukan bahwa layanan bimbingan konseling melalui Teknik modeling dapat mengatasi kesulitan belajar peserta didik SMP N 3 Polokarto

Published

2021-06-21

Issue

Section

Artikel