Media Permainan Kartu Kwartet untuk Meningkatkan Pemahaman Karir Siswa SMK
DOI:
https://doi.org/10.32585/advice.v4i1.2539Keywords:
Bimbingan karir, Media Kartu Kuartet, Pemahaman KarirAbstract
Layanan Bimbingan karir kurang bervariasi mengakibatkan keberhasilan layanan kurang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media permainan Kartu Kwartet layanan bimbingan karir. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah research and development (RnD. Model pengembangan menggunakan langkah-langkah dari Borg & Gall. Subjek uji coba penelitian adalah peserta didik kelas XI SMK, pemilihan subjek dilakukan secara random/acak. Pengumpulan data memakai instrumen tes dan lembar pengamatan.. Media kartu Kwartet tentang pemahaman karir dinilai kualitasnya oleh ahli materi 75 (Baik), ahli media 80 (Baik), dan ahli layanan 83,3 (baik). Kelayakan produk dinilai oleh siswa 75,15 (layak). Hasil uji efektivitas menghasilkan perbedaan signifikan antara sebelum dan sesudah mendapatkan layanan menggunakan media permainan kartu kwartet (t hit= 4,4> 2,262 0,05 t tabel df 9). Hasil rata-rata nilai pretest 71,9 dan rata-rata posttest 75.15. Dengan kata lain, produk media permainan kartu kwartet efektif meningkatkan pemahaman karir siswa SMK.
Downloads
References
Ardan Adhi Chandra. 2017. Banyak Lulusan SMK Jadi Pengangguran, Ini Penyebabnya di https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/3508298/ banyak-lulusan-smk-jadi-pengangguran-ini-penyebabnya (di akses 3 Oktober)
Arsyad, A, dkk. (2009). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Boharudin..(2011). Bimbingan dan Konseling. Diakses melalui http://boharudin. blogspot.co.id/201105/inovasi-bimbingan-dan-konselingmenjawab.html, pada tanggal 23 Oktober 2017 pukul 14.10 WIB.
Glading, T. Samuel. 2012. Konseling Profesi yang Menyeluruh. Indeks: Jakarta.
Indriana, D. (2011). Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Yogyakarta: Diva Perss.
Juntika. (2011). Membangun Peradaban Bangsa Indonesia Melalui Pendidikan dan Komprehensif Bermutu. Pidato Pengukuhan Prof. Dr. H. Juntika, M.Pd sebagai Guru Besar/Profesor dalam Bidang Bimbingan dan Konseling Pada Fakultas Imu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia
Lestari, I. (2012). Pengembangan Model Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Simulasi Untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosi Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling, 1(2).
Prayitno. 2012. Jenis Layanan dan Kegiatan Pendukung Konseling. Universitas Negeri Malang
Pujiriyanto. 2004. Pengenalan Desain Grafis Komputer. Yogyakarta: FIP UNY.
Romlah, Tatiek. 2006. Teori dan praktek bimbingan kelompok. Malang: Universitas Negeri Malang
Setyosari, P. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Dan Pengembangan. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Sudarsana, I. K. (2016). Peningkatan Mutu Pendidikan Luar Sekolah Dalam Upayapembangunan Sumber Daya Manusia. Jurnal Penjaminan Mutu, 1(1), 1-14.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suharsimi Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Suherman, Uman. (2011). Konseling Karir sepanjang Rentang kehidupan. Bandung: Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia Pers
Sukardi. 2005. Metodologi Penelitian Pendidikan Kopetensi dan Praktiknya. Jakarta. Bumi Aksara
Sukmadinata, N.S. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Tim Balai Pustaka. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Wibawa, B & Mukti, F. (1991). Media Pengajaran. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan
Winkel dan Hastuti, Sri. 2005. Bimbingan dan Konseling di institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Advice: Jurnal Bimbingan dan Konseling. agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.