Optimalisasi Perkembangan Kepribadian Anak Boro Melalui Konseling Kelompok Teknik Self Management

Authors

  • Kukuh Aji Pangestu universitas veteran bangun nusantara
  • Awik Hidayati Progdi BK Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Muhammad Arief Maulana bimbingan dan konseling universitas veteran bangun nusantara
  • Akhmad Setyawan Progdi BK Univet Bantara

DOI:

https://doi.org/10.32585/advice.v4i1.2607

Keywords:

Boro, Konseling Kelompok, Self Management Techniques

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode studi kepustakaan yang berkaitan dengan kepribadian anak usia 7 – 15 tahun yang diketahui telah memiliki kemampuan problem solving.  Penulis bertujuan untuk mengetahui sejauh mana optimalisasi perkembangan anak yang ditinggalkan merantau oleh orang tuanya yang kemudian harus didampingi oleh pihak lain seperti kakek, nenek, sanak saudara dan atau pihak lain yang sengaja dipekerjakan oleh  orang  tua  dari  anak  tersebut  untuk  mengasuhnya. Salah  satu alternatif solusi untuk meningkatkan kemampuan untuk menghindari perilaku yang menyimpang seperti halnya problem psikososial pada anak adalah dengan menggunakan layanan konseling kelompok teknik self management. Kegiatan ini mampu membawa kenyamanan kepada anak dalam memecahkan suatu permasalahan yang sedang dihadapinya dengan pemahaman diri sendiri.

Author Biographies

Kukuh Aji Pangestu, universitas veteran bangun nusantara

Mahasiswa BK Univet Bantara Sukoharjo

Muhammad Arief Maulana, bimbingan dan konseling universitas veteran bangun nusantara

pengajar program studi bimbingan dan konseling univet bantara sukoharjo

References

Adawiah, R. 2017. Pola Asuh Orang Tua dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Anak. Jurnal Kewarganegaraan 7(1). Diunduh di https://media.neliti.com/media/publication s/121261-ID-pola-asuh-orang-tua-dan- implikasinya-ter.pdf pada 9 Mei 2020.

Adriany, V. 2010. Optimalisasi Perkembangan Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Penyuluhan Deteksi Dini Tumbuh Kembang Anak. Diunduh di http://jurnal.upi.edu/file/Vina.pdf pada 10

Mei 2020.

Erford, Bradley T. 2015. 40 Teknik Yang Harus Diketahui Setiap Konselor. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ginsburg, H.P., & Opper, S. (1988). Piaget’s Theory of Intellectual Development ( 3rd Edition). Englewood Cliff, NY: Prentice Hall.

Hermawan Heru. 2019. Strategi Layanan BK untuk Meningkatkan Harga Diri Siswa : Sebuah Studi Kepustakaan. Vol 4(2). Diunduh di https://journal.stkipsingkawang.ac.id/in dex.php/JBKI/article/view/924 pada 9

Mei 2020.

Kurniawan, DE dan Setiowati, A. 2018.

Sosialisasi Pelaksaanaan Konseling Kelompok pada Guru BK SMA- MAKabupaten Bantul. Articel Journal. Diunduh di https://media.neliti.com/media/publication s/255839-sosialisasi-pelaksanaan- konseling-kelomp-db8120b5.pdf pada 11

Mei 2020.

Lee, E.S. 1992. Teori Migrasi (Terjemahan), Pusat Penelitian Kependudukan Universitas Gajah Mada.

Prihatini, D. 2013. Prihantini, Danastri (2013) Problem Psikososial Pada Remaja Yang Orang Tuanya Merantau. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. Diunduh di http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26791 pada 10 Mei 2020.

Purnomo, D. 2009. Fenomena Imigrasi Tenaga Kerja dan Perannya Bagi pembangunan Daerah Asal: Studi Empiris di Kabupaten Wonogiri. Jurnal Ekonomi Pembangunan. Vol. 10(1): 84 – 102. Diunduh di https://doi.org/10.23917/jep.v10i1.810 pada 9 Mei 2020.

Purwanta. 2012. Penerapan Teknik Self Management. Hal 181 – 183. Diunduh http://e- journal.unipma.ac.id/index.php/JBK/art icle/download/1018/906 pada 9 Mei

Smith, MB. 2011. Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Terhadap Disisplin Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Atinggola Kabupaten Gorontalo Utara. Jurnal Penelitian dan Pendidikan. Vol. 8(1). Diunduh di https://repository.ung.ac.id/get/simlit_res/

/212/Pengaruh-Layanan-Konseling- Kelompok-terhadap-Disiplin-Belajar- Siswa-di-SMA-Negeri-1-Atinggola- Kabupaten-Gorontalo-Utara.pdf diakses pada 11 Mei 2020

Sundah, Ariantje J. A. 2017. Bimbingan Konseling Kelompok. Malang: Seribu Bintang.

Suwardini, NP. 2014. Penerapan Konseling Behavioral Dengan Teknik Self management untuk Meningkatkan Konsep Diri Siswa kelas VIII B3 SMP Negeri 4

Singaraja. E-journal Undiksa BK. Diunduh di https://media.neliti.com/media/publication s/249159-penerapan-konseling-

behavioral-dengan-te-78141191.pdf diakses pada 11 Mei 2020

Published

2022-06-11

Issue

Section

Artikel