Layanan Informasi Belajar Berbantuan Media Film terhadap Kedisiplinan Peserta
DOI:
https://doi.org/10.32585/advice.v4i1.2668Keywords:
Layanan informasi, media film, kedisiplinan belajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak layanan informasi berbantuan media film terhadap kedisiplinan peserta didik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriftif komparatif. Teknik pengumlan data dengan angket tertutup lima opsi. Sedangkan teknik analisis data dengan menggunakan uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukan bahwa setelah diberikan treatment dari 14 peserta didik terdapat perbedaan positif pada tingkat kedisiplinan belajar pada 10 peserta didik. Dan hasil menunjukan bahwa taraf siqnifikan sebesar 0.017<0.05, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa layanan informasi belajar berbantuan media film berpengaruh positif dan signifikan terhadap kedisiplinan belajar pada siswa kelas V SD Negeri 3 Ngambarsari Karangtengah Wonogiri tahun pelajaran 2021/2022.
Downloads
References
Andrew W. 2019. Mengekang Emosi Anda (Harnessing Your Emotions). Jakarta: Light Publising.
Arsyad, Ashar. 2009. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Budiyono. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Universitas Terbuka.
Depdikbud. 2006. Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendiikan Nasional. Semarang: Aneka Ilmu.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2007. PsikologiBelajar. Jakarta: PT RinekaCipta.
Eko Siswoyo. 2017. Pengembangan Kepribadian. Jakarta: Indeks.
Erawati, Chazanah. 2015. Strategi Layanan Informasi Dengan Media Film Sebagai Upaya Meningkatkan Pemahaman Bahaya Merokok.Jurnal Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling. SMK Negeri 3 Kota Tegal, Vol 1, pp69-75. Diunduh di file:///C:/Users/DAMARA/Downloads/246-473-1-SM%20(1).pdf pada 5/11/2021.
HadiSutrisno. 2009. Statistik. Jakarta.Gramedia.
Hurlock, Elizabeth. 2010. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga.
Ismail. 2011. Penelitian Pendidikan.Sukoharjo : Univet Bantara Press.
Maharani, Ika. 2019. Efektivitas Penggunaan Media Film Bertema Pendidikan Dalam Layanan Informasi Bimbingan Klasikal. JurnalBimbingan dan Konseling. Universitas Negeri Jakarta, Vol 6, pp135-146. Diunduh di file:///C:/Users/DAMARA/Downloads/3832-11990-1-PB%20(1).pdf pada 2/11/2021
Mulyati, 2009. PsikologiBelajar. Yogyakarta; Andi offset.
Ningsih, Bekti Marga. 2014. Peningkatan Disiplin Siswa dengan Layanan Informasi Media Film. Jurnal Bimbingan dan Konseling, Vol 1, pp 73-92. Diunduh di http://journal.upgris.ac.id/index.php/EMPATI/article/view/660 pada 8/11/2021
Nurihsan, Achmad Juntika. 2019. Bimbingan dan Konseling dalam Berbagai Latar Kehidupan. Bandung: PT. Refika Aditama.
Prayitno, 2016. Pengawasan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Sanapiah Faisal. 2008. Dasar dan Teknik menyusun Angket. Surabaya: UsahaNasional.
Slameto. 2005. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT
Rineka Cipta
Soegeng, AY. 2006. Prosedur dan Teknik Menulis Karya Ilmiah. Semarang: IKIP PGRI Semarang Press.
Suharsimi Arikunto.2012. Prosedur Penilaian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Penerbit Rineke Cipta.
Supratiknya A, 2014. StatistikPsikologi. Jakarta ;Grasindo.
Surachmad,Winarno. 2009. Pengantar Penelitian Ilmiah Dasar Metodedan Teknik. Bandung: Tarsito.
Surya. Muhammad. 2014. Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Surabaya: UsahaNasional.
Tu’u. 2014. Peranan Motivasi & Kemampuan Awal dalam Kegiatan Pembelajaran. Jakarta: Delia
Wantah, Maria J. 2019. Pengembangan disiplin dan pembentukan Moral pada Anak Usia Dini. Jakarta: Depertemen Pendidikan Nasional.
Wingkel, W.S. 2008. Psikologi Pengajaran. Jakarta. Ramedia.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Advice: Jurnal Bimbingan dan Konseling. agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.