Layanan Informasi Belajar Berbantuan Media Film terhadap Kedisiplinan Peserta

Authors

  • Reforma Utama Putra Progdi Bimbingan dan Konseling Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Bambang Susanto Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo
  • Awik Hidayati Progdi Bimbingan dan Konseling Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Rita Kumalasari Progdi Bimbingan dan Konseling Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Billdy Saputro Progdi BK Universitas Veteran Bangun Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.32585/advice.v4i1.2668

Keywords:

Layanan informasi, media film, kedisiplinan belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak layanan informasi berbantuan media film terhadap kedisiplinan peserta didik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriftif komparatif. Teknik pengumlan data dengan angket tertutup lima opsi. Sedangkan teknik analisis data dengan menggunakan uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukan bahwa setelah diberikan treatment dari 14 peserta didik terdapat perbedaan positif pada tingkat kedisiplinan belajar pada 10 peserta didik. Dan hasil menunjukan bahwa taraf siqnifikan sebesar 0.017<0.05, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa layanan informasi belajar berbantuan media film berpengaruh positif dan signifikan terhadap kedisiplinan belajar pada siswa kelas V SD Negeri 3 Ngambarsari Karangtengah Wonogiri tahun pelajaran 2021/2022.

References

Andrew W. 2019. Mengekang Emosi Anda (Harnessing Your Emotions). Jakarta: Light Publising.

Arsyad, Ashar. 2009. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Budiyono. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Universitas Terbuka.

Depdikbud. 2006. Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendiikan Nasional. Semarang: Aneka Ilmu.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2007. PsikologiBelajar. Jakarta: PT RinekaCipta.

Eko Siswoyo. 2017. Pengembangan Kepribadian. Jakarta: Indeks.

Erawati, Chazanah. 2015. Strategi Layanan Informasi Dengan Media Film Sebagai Upaya Meningkatkan Pemahaman Bahaya Merokok.Jurnal Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling. SMK Negeri 3 Kota Tegal, Vol 1, pp69-75. Diunduh di file:///C:/Users/DAMARA/Downloads/246-473-1-SM%20(1).pdf pada 5/11/2021.

HadiSutrisno. 2009. Statistik. Jakarta.Gramedia.

Hurlock, Elizabeth. 2010. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga.

Ismail. 2011. Penelitian Pendidikan.Sukoharjo : Univet Bantara Press.

Maharani, Ika. 2019. Efektivitas Penggunaan Media Film Bertema Pendidikan Dalam Layanan Informasi Bimbingan Klasikal. JurnalBimbingan dan Konseling. Universitas Negeri Jakarta, Vol 6, pp135-146. Diunduh di file:///C:/Users/DAMARA/Downloads/3832-11990-1-PB%20(1).pdf pada 2/11/2021

Mulyati, 2009. PsikologiBelajar. Yogyakarta; Andi offset.

Ningsih, Bekti Marga. 2014. Peningkatan Disiplin Siswa dengan Layanan Informasi Media Film. Jurnal Bimbingan dan Konseling, Vol 1, pp 73-92. Diunduh di http://journal.upgris.ac.id/index.php/EMPATI/article/view/660 pada 8/11/2021

Nurihsan, Achmad Juntika. 2019. Bimbingan dan Konseling dalam Berbagai Latar Kehidupan. Bandung: PT. Refika Aditama.

Prayitno, 2016. Pengawasan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Sanapiah Faisal. 2008. Dasar dan Teknik menyusun Angket. Surabaya: UsahaNasional.

Slameto. 2005. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT

Rineka Cipta

Soegeng, AY. 2006. Prosedur dan Teknik Menulis Karya Ilmiah. Semarang: IKIP PGRI Semarang Press.

Suharsimi Arikunto.2012. Prosedur Penilaian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Penerbit Rineke Cipta.

Supratiknya A, 2014. StatistikPsikologi. Jakarta ;Grasindo.

Surachmad,Winarno. 2009. Pengantar Penelitian Ilmiah Dasar Metodedan Teknik. Bandung: Tarsito.

Surya. Muhammad. 2014. Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Surabaya: UsahaNasional.

Tu’u. 2014. Peranan Motivasi & Kemampuan Awal dalam Kegiatan Pembelajaran. Jakarta: Delia

Wantah, Maria J. 2019. Pengembangan disiplin dan pembentukan Moral pada Anak Usia Dini. Jakarta: Depertemen Pendidikan Nasional.

Wingkel, W.S. 2008. Psikologi Pengajaran. Jakarta. Ramedia.

Published

2022-06-20

Issue

Section

Artikel