Analisis Ketergantungan Gadget Di Tengah Pandemi Covid-19 Pada Siswa Kelas VIII SMP 19 Kota Tegal Kecanduan, Gadget, Masa Pandemi, Siswa.
DOI:
https://doi.org/10.32585/advice.v4i2.2744Keywords:
Kecanduan, Gadget, Masa Pandemi, Siswa.Abstract
Sistem pembelajaran online gadget yang membosankan siswa dalam jangka panjang justru dapat disalahgunakan siswa dan berujung pada kecanduan gadget. Ketergantungan pada perangkat yang terus-menerus digunakan dapat mempersulit pengelolaan waktu dan interaksi dengan orang lain. Kecanduan gadget dapat merugikan apabila penggunaan secara berulang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor, pengaruh dan intensitas penggunaan gadget pada siswa. Dalam penelitian ini pengambilan informasi menggunakan metode kualitatif dengan teknik mengambilan data subjek secara acak. Hasil yang diperoleh dari kedua subjek mengalami ketergantungan gadget dengan durasi intensitas tinggi 120 menit /hari dan penggunaan 75 menit atau lebih. Misalnya penggunaan intensitas tinggi dapat menyebabkan efek samping sebagai berikut kesulitan fungsi dalam sehari-hari, pola tidur yang terganggu, bahkan kurang istirahat membuat tubuh lelah dan menurun kualitas aktivitas.
Downloads
References
Bintari, R. H. (2020). KECANDUAN GADGET DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA SISWA KELAS XII MIPA SMAN 1 SUTOJAYAN KABUPATEN BLITAR Prodi Keperawatan Institut Tekonologi Sains dan Kesehatan RS dr . Soepraoen Malang LATARBELAKANG Saat ini dunia kategori tinggi , 120 orang siswa ( 50 %). Jurnal Kesehatan Hesti Wira Sakti Vol 8 No 2 2020, 8(2). https://doi.org/10.47794/jkhws.v8i2
Chusna, P. A. (2017). Pengaruh Media Gadget Pada Perkembangan Karakter Anak. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Sosial Keagamaan, 17(2), 315330. https://doi.org/10.21274/dinamika/201 7.17.2.315-330
Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH). Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 465503.
Iswidharmanjaya,D & Agency, B. (2014). Panduan bagi orang tua agar memahami faktor-faktor penyebab anak kecanduan gadget. Jakarta
Kumar, A. K & Sherkhane, M. S. (2018). Assessment of gadgets addiction and its impact on health among undergraduates. International Journal of Community Medicine and Public Health, 5(8):3624-3628
Maria, I., & Novianti, R. (2020). The Effects of Using Gadgets during the Covid-19 Pandemic on Childrens Behaviour. Aṭfāluna: Journal of Islamic Early Childhood Education, 3(2), 74–81. https://doi.org/10.32505/atfaluna.v3i2.1966
Pratama, M. O., Harinitha, D., Indriani, S., Denov, B., & Mahayana, D. (2020). Influence Factors of Social Media and Gadget Addiction of Adolescent in Indonesia. Jurnal Sistem Informasi, 16(1), 1624. https://doi.org/10.21609/jsi.v16i1.918
Puspita, Sylvie. (2020). FENOMENA KECANDUAN GADGED PADA USIA DINI. Surabaya:Cipta Publishing
Sadikin, A & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(2), 214-224
Sari, T. P., & Mitsalia, A. A. (2016). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Personal Sosial Anak Usia Pra Sekolah Di Tkit Al Mukmin. Profesi, 13(Maret), 7278. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.265 76/profesi.124
So, S. (2016). Mobile instant messaging support for teaching and learning in higher education. Internet and Higher Education. https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2016.06.001
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Cetakan Ke-25. Bandung: CV Alfabeta.
Suhana, M. (2018). Influence of Gadget Usage on Childrens Social-Emotional Development. In International Conference of Early Childhood Education, 169, 224 227.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Advice: Jurnal Bimbingan dan Konseling. agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.