Analisis Ketergantungan Gadget Di Tengah Pandemi Covid-19 Pada Siswa Kelas VIII SMP 19 Kota Tegal Kecanduan, Gadget, Masa Pandemi, Siswa.

Authors

  • Nesa Dwi Gita Safila Universitas Pancasakti Tegal
  • Muhammad Arif Budiman Sucipto Universitas Pancasakti Tegal
  • Hanung Sudibyo Universitas Pancasakti Tegal

DOI:

https://doi.org/10.32585/advice.v4i2.2744

Keywords:

Kecanduan, Gadget, Masa Pandemi, Siswa.

Abstract

Sistem pembelajaran online gadget yang membosankan siswa dalam jangka panjang justru dapat disalahgunakan siswa dan berujung pada kecanduan gadget. Ketergantungan pada perangkat yang terus-menerus digunakan dapat mempersulit pengelolaan waktu dan interaksi dengan orang lain. Kecanduan gadget dapat merugikan apabila penggunaan secara berulang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor, pengaruh dan intensitas penggunaan gadget pada siswa. Dalam penelitian ini pengambilan informasi menggunakan metode kualitatif dengan teknik mengambilan data subjek secara acak. Hasil yang diperoleh dari kedua subjek mengalami ketergantungan gadget dengan durasi intensitas tinggi 120 menit /hari dan penggunaan 75 menit atau lebih. Misalnya penggunaan intensitas tinggi dapat menyebabkan efek samping sebagai berikut kesulitan fungsi dalam sehari-hari, pola tidur yang terganggu, bahkan kurang istirahat membuat tubuh lelah dan menurun kualitas aktivitas.

References

Bintari, R. H. (2020). KECANDUAN GADGET DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA SISWA KELAS XII MIPA SMAN 1 SUTOJAYAN KABUPATEN BLITAR Prodi Keperawatan Institut Tekonologi Sains dan Kesehatan RS dr . Soepraoen Malang LATARBELAKANG Saat ini dunia kategori tinggi , 120 orang siswa ( 50 %). Jurnal Kesehatan Hesti Wira Sakti Vol 8 No 2 2020, 8(2). https://doi.org/10.47794/jkhws.v8i2

Chusna, P. A. (2017). Pengaruh Media Gadget Pada Perkembangan Karakter Anak. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Sosial Keagamaan, 17(2), 315330. https://doi.org/10.21274/dinamika/201 7.17.2.315-330

Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH). Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 465503.

Iswidharmanjaya,D & Agency, B. (2014). Panduan bagi orang tua agar memahami faktor-faktor penyebab anak kecanduan gadget. Jakarta

Kumar, A. K & Sherkhane, M. S. (2018). Assessment of gadgets addiction and its impact on health among undergraduates. International Journal of Community Medicine and Public Health, 5(8):3624-3628

Maria, I., & Novianti, R. (2020). The Effects of Using Gadgets during the Covid-19 Pandemic on Childrens Behaviour. Aṭfāluna: Journal of Islamic Early Childhood Education, 3(2), 74–81. https://doi.org/10.32505/atfaluna.v3i2.1966

Pratama, M. O., Harinitha, D., Indriani, S., Denov, B., & Mahayana, D. (2020). Influence Factors of Social Media and Gadget Addiction of Adolescent in Indonesia. Jurnal Sistem Informasi, 16(1), 1624. https://doi.org/10.21609/jsi.v16i1.918

Puspita, Sylvie. (2020). FENOMENA KECANDUAN GADGED PADA USIA DINI. Surabaya:Cipta Publishing

Sadikin, A & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(2), 214-224

Sari, T. P., & Mitsalia, A. A. (2016). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Personal Sosial Anak Usia Pra Sekolah Di Tkit Al Mukmin. Profesi, 13(Maret), 7278. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.265 76/profesi.124

So, S. (2016). Mobile instant messaging support for teaching and learning in higher education. Internet and Higher Education. https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2016.06.001

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Cetakan Ke-25. Bandung: CV Alfabeta.

Suhana, M. (2018). Influence of Gadget Usage on Childrens Social-Emotional Development. In International Conference of Early Childhood Education, 169, 224 227.

Published

2022-12-30

Issue

Section

Artikel