PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK TEKNIK COGNITIVE RETRUCTURING (CR) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA
DOI:
https://doi.org/10.32585/advice.v1i1.281Abstract
Penelitian ini merupakan peneliti eksperimen dengan menggunakan sampel sebanyak 7 siswa yang memiliki skors rendah dari 36 siswa. Pengumpulan data dengan menggunakan skala psikologi, diberikan sebanyak dua kali yakni sebelum diberikan tindakan dan sesudah diberikan tindakan, tindakan tersebut berupa layanan konseling kelompok teknik cognitive retructuring. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik pengolahan data statitiska uji z Wilcoxon. Variabel yang diteliti dalam penelitian ini adalah layanan konseling kelompok sebagai variabel bebas dan motivasi belajar sebagai variabel terikat. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang diperoleh penelitian pada siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Tawangsari terdapat pengaruh layanan konseling kelompok melalui Teknik Cognitive Retructuring untuk meningkatkan Motivasi Belajar pada siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Tawangsari Sukoharjo tahun ajaran 2018/2019 hasilnya dapat disimpulkan sebagai berikut: Motivasi belajar siswa sebelum mendapatkan layanan konseling kelompok rendah dengan skors rata – rata 33,625. Setelah mendapatkan layanan konseling kelompok skor rata – rata naik menjadi 65,63. Berdasarkan analisis data dengan uji tes dapat dilihat bahwa to = 2,366 sedangkan tabel nilai kritis wilcoxon pada taraf signifikasi 5 % diperoleh zt = 2,00 dengan demikian zo > zt. Maka dapat disimpulkan bahwa layanan konseling kelompok berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa di kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Tawangsari, artinya semakin besar frekuensi layanan konseling kelompok, semakin tinggi motivasi belajar siswa.Downloads
References
Ahmadi, A. (2003). Psikologi Umum. Jakarta: Rineka Cipta.
Agung, I. (2012). Menghasilkan Guru Kompeten Dan Profesional. Jakarta: Bee Media
Ali, M. (2004). Psikologi Remaja; Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Bumi Aksara
Anggelis, B. (2005). Confidence: Percaya Diri Sumber Sukses dan Kemandirian. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
Badaruddin, A. (2015). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Konseling Klasikal. Padang: CV Abe Kreatifindo
Dalyono, D. (2009). Psikologi Pendidikan . Jakarta: Rineka Cipta
Fiah, R. (2016). Efektivitas Layanan Konseling Kelompok Dengan Pendekatan Realita. Jurnal Bimbingan dan Konseling. Vol. 3, No. 1, Mei 2017. Hal, 47-62, (https://ejournal.radenintan.ac.id, diakses pada tanggal 16 April 2019)
Gie, T. (2004). Cara Belajar Yang Baik Bagi Mahasiswa. Yogyakarta: Gajah Mada Press
Gladding, S. (2012). Konseling Profesi Yang Menyeluruh. Jakarta: PT Indeks
Ismail, I. (2011). Penelitian Pendidikan. Sukoharjo: Univet Bantara Press
KOMPRI. (2015). Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru Dan Siswa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset
Luxori. (2001). Percaya Diri. Jakarta: Pustaka Al – Kautsar Group.
Mulawarman. (2017). Dampak Konseling Kelompok Teknik Cognitive Retructuring meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling. Vol. 6, No. 2, Desember 2017. Hal 135-140, (https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jubk, diakses pada tanggal 24 april 2019)
Maulidya, W. (2017). Pengaruh Pemberian Layanan Konseling Kelompok Pendekatan Rational Emotive Theraphy. Jurnal Psikologi Konseling. Vol. 11, No. 2, Hal 16-17, (https://jurnal.unimed.ac.id, diakses pada tanggal 16 April 2019)
Muhibbin, S. (2008). Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya
Nugroho, P., Tadjri, I., & Sutarno, S. (2014). PENGEMBANGAN LAYANAN INFORMASI BELAJAR BERBANTUAN MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN KEBIASAAN BELAJAR SISWA. Jurnal Bimbingan Konseling, 3(1). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jubk/article/view/3619
Nursalim, M. (2002). Layanan Bimbingan dan Konseling. Surabaya: Unesa University Press
Prayitno. (2009). Dasar – Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta
Prayitno. (2009). Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok). Jakarta: Ghalia Indonesia
Sardirman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Santrock, J. (2014). Psikologi Pendidikan Jilid 2. Jakarta Selatan: Salemba Humanika
Slamet, A., Mutiara. (2015). Uji Wilcoxon Signed Rank Test. Management Analisis Journal. Vol. 1, No. 1, Desember 2015. Hal, 4, (http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/maj), diakses tanggal 23 April 2019)
Sugiarto, P., Samsudi. (2017). Teknik Cognitive Retructuring dalam Konseling Kelompok. Jurnal Bimbingan Konseling. Vol. 6, No. 1, Juni 2017. Hal, 20-27, (https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jubk, diakses tanggal 23 April 2019)
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan, pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta
Suharsini, A. (2003). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta
Sukardi, D. (2000). Pengantar Pelaksanaan Progam Bimbingan dan Konseling Di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta
Suprihatin, S. (2015). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Motivasi Belajar. Vol. 3, No. 1, April 2015. Hal, 73-82, (http://ojs.fkip.ummetro.ac.id, diakses tanggal 16 April 2019)
Triyanto, B., Ismail. (2002). Pedoman Menulis Skripsi (Edisi Revisi). Sukoharjo: Univet Bantara Press
Warsito, H. (2010). Strategi Konseling (Modul). Sukoharjo: Univet Bantara Press
Widhiarso, W. Retno. (2017). Eksplorasi Karakteristik Item Skala Psikologis. Jurnal Psikologi. Vol. 36, No. 1. Hal 73-91, (https://jurnal.ugm.ac.id, diakses pada Tanggal 24 April 2019)
Winkel, W. (2001). Psikologi Pengajaran. Jakarta: Gramedia
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Advice: Jurnal Bimbingan dan Konseling. agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.