PERILAKU OFF TASK DALAM PEMBELAJARAN
DOI:
https://doi.org/10.32585/advice.v1i1.287Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada pembaca mengenai sikap dan perilaku siswa yang tidak mendukung proses pembelajaran (perilaku off task). Perilaku off task yang sering muncul dan mengganggu proses pembelajaran di kelas. Penelitian ini adalah penelitian pustaka,dengan menggunakan analisis deskripti analitik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku off task sering terjadi dalam proses pembelajaran terutama mata pelajaran yang tidak disukai siswa. Penggunaan metode pembelajaran yang monoton dan kurang menarik juga ikut mempengaruhi munculnya perilaku off task. Bentuk perilaku off task yang muncul dalam pembelajaran dapat berupa sikap yang ditunjukkan oleh dalam bentuk verbal (berbicara di luar materi pelajaran, bernyanyi, berteriak) dalam bentuk non verbal (melamun, tidur, bermain, menyontek, dan lain-lain). Perilaku off task akan mempengaruhi hasil belajar siswa. Sehingga perilaku off task ini merupakan indikator minat belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran. Oleh sebab itu, guru perlu memperhatikan sikap dan perilaku siswa dalam mengikuti pembelajarnnya. Penggunaan metode pembelajaran yang menarik, media pembelajaran yang inovatif, penyusunan strategi pebelajaran perlu dilakukan oleh guru agar siswa tetap menunjukkan keterlibatan intelektual-emosional dalam pembelajaran. Guru yang profesional dalam menyiapkan strategi pembelajaran dan berupaya menanamkan nilai karakter dalam diri siswa melalui pemberian nasihat, dan teguran langsung yang bersifat mendidik pada siswa yang melakukan perilaku off task.Downloads
References
Baker, Ryan Shaun. dkk. (2004). Off-task Behavior in the Cognitive Tutor Classroom: When students “Game the Sistem”. USA: Carnegie Mellon University
________________. (2007). Modeling and Understanding Students Off-Task Behavior in Intelligent Tutoring Systems. USA: University of Nottingham
Clevenger. Rebecca Pate. dkk. (2008). Improvement of Off-Task Behavior of Elementary and High School Students Through The Use of Cooperative Learning Startegies. Illinois: Saint Xavier
Corey. Gerald. (2007). Teori dan Praktek dari Konseling dan Psikoterapi. Translated by: E. Koswara. Bandung: PT. Refika Aditama
Hughes. Kristen. (2010). Educational Software for Off-Task Behavior. USA: Worcester Polytechnic Institute.
Maulana, M., Nugroho, P. (2019). MENGURANGI KENAKALAN REMAJA MENGGUNAKAN KONSELING BEHAVIORAL PADA PESERTA DIDIK DI SMA. Konseli: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 6(1). Retrieved from http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/konseli/article/view/4059/2941
Roberts. Maura.(2005). Off-Task Behavior in the Classroom Applying FBA and CBM.University of Oregon
Sunawan.(2007). Hand Out: Diagnosa Kesulitan Belajar. Semarang: Tidak diterbitkan
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Advice: Jurnal Bimbingan dan Konseling. agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.