LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK DISKUSI TERHADAP INTERAKSI SOSIAL SISWA SMA
DOI:
https://doi.org/10.32585/advice.v1i1.288Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik diskusi terhadap interaksi sosial siswa kelas SMA Negeri 1 Nguter. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Dalam penelitian ini menggunakan desain eksperimen one group pre-test dan posttest. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPS 2 SMA Negeri 1 Nguter Tahun 2017/2018 yang berjumlah 30 siswa. Selanjutnya dari hasil pengukuran angket interaksi sosial diperoleh 10 siswa yang menunjukkan kemampuan interaksi sosial rendah, 10 siswa inilah sebagai subjek penelitian dan akan diberikan layanan bimbingan kelompok teknik diskusi. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan angket, sedangkan metode analisis data menggunakan uji Wilcoxon dengan bantuan program SPSS versi 23. Data yang diperoleh dari skor rata-rata sebelum diberi layanan bimbingan kelompok teknik diskusi adalah 78,9 dan setelah diberi layanan bimbingan kelompok teknik diskusi adalah 103,1 artinya mengalami peningkatan sebesar 24,2. Hasil uji Wilcoxon diperoleh Zhitung sebesar 2,810. Untuk mengetahui Zhitung signifikan atau tidak selanjutnya dikonsultasikan dengan Ztabel dengan taraf signifikasi 5% sebesar 1,645. Dengan demikian Zhitung = 2,810 > Ztabel = 1,645.Downloads
References
Ahmadi, Abu. (2007). Psikologi Sosial. Jakarta: Rineka Cipta.
Aswida,Wela. Marjohan. Yarmis Syukur. (2012). Efektifitas Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Mengurangi Kecemasan Berkomunikasi Pada Siswa. Jurnal Ilmiah Konseling. Padang: FIP Universitas Negeri Padang.
Djamarah, Syaiful Bahri & Aswan Zain. (2013). Strategi Belajar Mengajar (Cetakan ke-5). Jakarta: Rineka Cipta.
Hurlock, Elizabeth B. (2011). Psikologi Perkembangan : Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta : Erlangga.
Maulana, M., Wibowo, M., & Tadjri, I. (2014). MODEL BIMBINGAN KELOMPOK BERBASIS BUDAYA JAWA DENGAN TEKNIK PERMAINAN UNTUK MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL SISWA SMP KOTA SEMARANG. Jurnal Bimbingan Konseling, 3(2). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jubk/article/view/4612
Maulana, M., Hidayati, A. (2016). PENGGUNAAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL MAHASISWA BIMBINGAN DAN KONSELING UNIVET BANTARA SUKOHARJO ANGKATAN TAHUN 2015/2016. Edudikara: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 1(1). Retrieved from https://ojs.iptpisurakarta.org/index.php/Edudikara/issue/view/10
Maulana, M., Nugroho, P. (2019). MENGURANGI KENAKALAN REMAJA MENGGUNAKAN KONSELING BEHAVIORAL PADA PESERTA DIDIK DI SMA. Konseli: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 6(1). Retrieved from http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/konseli/article/view/4059/2941
Soekanto, Soerjono.(2007). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sukardi, Dewa Ketut.(2008). Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Walgito, Bimo. (2003). Psikologi Sosial (Suatu Pengantar). Yogyakarta: ANDI Offset.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Advice: Jurnal Bimbingan dan Konseling. agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.