PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK ROLE PLAYING TERHADAP INTERAKSI SOSIAL PADA SISWA
DOI:
https://doi.org/10.32585/advice.v1i1.289Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan layanan bimbingan kelompok teknik role playing terhadap interaksi sosial pada siswa kelas X MM SMK PGRI Sukoharjo Tahun Ajaran 2017/2018.Subjek penelitian adalah siswa kelas X MM dengan kategori sangat rendah, dengan desain One-Group Pretest-Posttest. Teknik sampel diambil dengan teknik purposive sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan teknik angket yang terdiri dari 31 pernyataan. Dan teknik analisis data yang digunakan yaitu uji Wilcoxon. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik role playing terhadap interaksi sosial. Dimana penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perbedaan skor pretest dan posttest pada kelompok eksperimen. Hasil uji diperoleh skor mean pretest sebesar 41,2 sedangkan mean pada post test 66,1 eksperimen diperoleh harga signifikansi sebesar 0.005 dengan nilai Z yang didapat sebesar 2,807 dan nilai Z tabel 1,598. Dimana nilai signifikansi dari 5% adalah nilai standar untuk mengetahui diterima atau tidak Ho nya, ternyata harga signifikasi sebesar 0.005 < 0.05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini dapat disimpulkan ada perbedaan yang signifikan skor pretest dan post test. Jadi dapat disimpulkan ada pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik role playing terhadap interaksi sosial pada siswa kelas X MM Sekolah Menengah Kejuruan PGRI Sukoharjo Tahun Ajaran 2017/2018.Downloads
References
Herimanto. (2010). Ilmu Sosial & Budaya Dasar. Jakarta : Bumi Aksara.
Istarani. (2011). Model Pembelajaran Inovatif. Medan : Media Persada.
Maulana, M., Wibowo, M., & Tadjri, I. (2014). MODEL BIMBINGAN KELOMPOK BERBASIS BUDAYA JAWA DENGAN TEKNIK PERMAINAN UNTUK MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL SISWA SMP KOTA SEMARANG. Jurnal Bimbingan Konseling, 3(2). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jubk/article/view/4612 Maulana, M., Hidayati, A. (2016). PENGGUNAAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL MAHASISWA BIMBINGAN DAN KONSELING UNIVET BANTARA SUKOHARJO ANGKATAN TAHUN 2015/2016. Edudikara: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 1(1). Retrieved from https://ojs.iptpisurakarta.org/index.php/Edudikara/issue/view/10 Maulana, M., Nugroho, P. (2019). MENGURANGI KENAKALAN REMAJA MENGGUNAKAN KONSELING BEHAVIORAL PADA PESERTA DIDIK DI SMA. Konseli: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 6(1). Retrieved from http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/konseli/article/view/4059/2941
Maynawati, Aldila FRNM. (2012). PENANGANAN KASUS LOW SELF-ESTEEM DALAM BERINTERAKSI SOSIAL MELALUI KONSELING RATIONAL EMOTIF TEKNIK REFRAMING. IJGC: Indonesian Journal of Guidance and Counseling, 1(1). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jbk/article/view/1074/1072 Mugiarso, Heru. (2007). Bimbingan dan Konseling.Semarang: UNNES Press
Murtadho Ali. (2010). Modul Pengembangan Pribadi Konselor, Semarang : IKIP PGRI.
Prayitno. (2004). Layanan Bimbingan Kelompok dan Konseling Kelompok. Padang
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta.
Tohirin. (2007). Bimbingan Konseling Di Sekolah dan Madrasah (Berbasisi Integrasi), Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada Walgito, Bimo. (2003). Psikologi Sosial (Suatu Pengantar). Yogyakarta : Andi Offset
W.S Winkel dan Sri Hastuti. (2012). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan, Yogykarta: Media Abadi. Sartono. Y. (2014). Peningkatan Tanggungjawab Belajar Melalui Layanan Penguasaan Konten Dengan Teknik Role Playing. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas. Vol. 16 No. 2
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Advice: Jurnal Bimbingan dan Konseling. agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.